Apa Itu Afirmasi?

Oleh : Anne Marie Evers

Afirmasi (Inggris : Affirmation) atau dalam bahasa Indonesia diartikan dengan penegasan. Afirmasi mirip seperti doa, harapan atau cita-cita, hanya saja afirmasi lebih terstruktur dibandingkan dengan doa dan lebih spesifik.


Cita-cita atau sasaran membantu pembentukan gambaran di dalam daya pikir Anda. Mengucapkan afirmasi adalah membuat sesuatu dengan tegas dan kokoh. Sederhananya, dasar semua afirmasi adalah pemikiran positif. Afirmasi atau penegasan adalah pernyataan penerimaan yang digunakan diri sendiri dengan kebebasan yang berlimpah, kemakmuran dan kedamaian. Afirmasi bisa juga merupakan kalimat-kalimat positif atau sekelompok kalimat yang dirangkai menjadi satu. Afirmasi harus diselaraskan dengan hukum alam. Karenanya, ini merupakan kebenaran dan harus selalu demikian. Setiap afirmasi dinyatakan dengan keyakinan dan kepercayaan bahwa yang ditegaskan itu akan terwujud. Kalau Anda melakukan afirmasi, Anda mengalihkan sebagian dari daya kehidupan Anda kepada afirmasi itu. Afirmasi yang digunakan dengan benar adalah alat psikologis yang sangat kuat untuk bertumbuh. Beberapa orang menjuluki afirmasi dengan “proses pemetaan harta terpendam” atau “membuat daftar keinginan”. Tetapi di sini kita cenderung lebih menganggap afirmasi sebagai proses pemetaan harta terpendam.


.
Tongkat wasiat


Afirmasi juga dihubungkan dengan tongkat wasiat atau alat pemicu. Alat ini dapat membantu Anda menyadari mimpi Anda yang paling Anda idam-idamkan dan paling mendalam. Dia membiarkan Anda mengontrol diri Anda sendiri. Anda adalah kapten dari kapal Anda, sutradara atau aktor dari film Anda sendiri dan satu-satunya pembuat keputusan di jagad raya Anda. Kalau Anda melakukan afirmasi dengan komitmen, keyakinan, pengharapan dan antusiasme, dia akan mendesakkan pengaruh yang sangat kuat pada sistem keyakinan, emosi, kesehatan dan kehidupan Anda. Alam raya adalah mesin afirmasi raksasa. Prosedur dalam melakukan afirmasi bukanlah keparanormalan atau bentuk lain cuci otak. Ini benar-benar nyata dan merupakan sebuah proses yang alami. Anda hanya perlu bekerja sama dengan hukum alam raya ini. Pikiran positif dan melakukan program afirmasi dengan benar sama seperti memurnikan akal budi atau membersihkan otak Anda dengan shampoo.

Afirmasi bukanlah sesuatu yang magis. Anda dapat membuat keajaiban Anda sendiri dengan menggunakan kekuatan batin Anda yang mengagumkan. Afirmasi merupakan sesuatu yang sangat penting, bagaimanapun jangan menggunakannya untuk menggantikan penyembuhan orang per orang, penyembuhan kelompok ataupun program-program lainnya. Afirmasi harus digunakan bersamaan dengan itu semua.
.
Afirmasi Pokok

Ini merupakan perintah Anda kepada alam raya, atau benih yang Anda tanamkan di tanah yang kaya dan sangat subur dari akal budi bawah sadar Anda. Khususkan dan katakan dengan tepat dan jernih apa yang Anda inginkan. Afirmasi pokok Anda harus tegas, dan khusus. Ingat bahwa Anda akan memperoleh tepat seperti yang Anda minta atau Anda afirmasikan. Bila permintaan Anda samar dan tidak pasti, jawabannya akan samar dan tidak pasti juga. Afirmasi yang samar-samar jarang terwujud. Kembangkanlah pemahaman dan ciptakanlah keinginan yang kuat. Rasakan kuatnya kerinduan. Keinginan Anda yang membara dan kerinduan yang mendalam bertindak sebagai landasan pacu yang akan membantu Anda dalam menciptakan perwujudan afirmasi Anda yang lengkap. Di bawah ini adalah salah satu contohnya :


“Aku, (sebutkan nama Anda) berhak dan sekarang memiliki dan menikmati kesehatan, kekayaan dan kebahagiaan. 

Aku merasakan hangatnya hujan tantangan dan sinar matahari kecerdasan ilahi.

 


Aku rasakan kehidupanku terbebas, seperti yang seharusnya.
Aku diberkati, gembira, penuh kedamaian dan bahagia.

Aku menikmati tugas untuk menyebarkan kebahagiaan kepada semua yang aku jumpai.

Ini memberiku kesenangan, aku membantu orang lain dalam jalan kehidupannya.

Aku penting…., Aku berguna…., Aku berarti!

Setiap hari aku berterima kasih atas semua berkat yang kuterima.

Aku bahagia atas kebaikan yang telah kuterima.

Terima kasih, terima kasih, terima kasih!”

Bentuk Afirmasi Singkat

Bentuk afirmasi yang singkat biasanya terdiri dari lima atau enam kata kunci yang diambil dari afirmasi pokok. Tuliskanlah kata-kata ini tiga kali di tiga lembar kertas yang terpisah.

.
Berbagai jenis Afirmasi

Lisan


Perkataan adalah pikiran yang diekspresikan. Mereka membawa serta pesan dan energi afirmasi Anda. Beberapa perkataan netral sifatnya tetapi kebanyakan kata-kata kalau tidak positif, pasti negatif yang dikuatkan oleh emosi kekhawatiran ataupun cinta. Dalam afirmasi jenis ini Anda mengucapkan kata-katanya, dengan kata lain katakanlah dengan bersuara. Afirmasi lisan mewujudkan apa yang ditegaskan dengan pernyataan.

Setiap perkataan dipenuhi dengan emosi keyakinan positif dan harapan yang dikemukakan sesuai dengan jenisnya, dalam tubuh, pikiran dan roh. Baik diteriakkan maupun dengan dibisikkan, perkataan Anda tetap punya kekuatan.
.
Dalam Hati

Anda dapat memanfaatkan proses pemikiran dengan afirmasi dalam hati sampai menjadi kenyataan. Anda memikirkan apa yang Anda inginkan agar terjadi dalam kehidupan Anda. Anda memusatkan perhatian dan berkonsentrasi penuh pada hal yang Anda inginkan dan memikirkannya dalam kenyataan seolah telah terwujud! Semua yang ada diawali dengan pikiran dalam akal budi seseorang.

.
Perasaan (Keyakinan)

Keyakinan adalah tindakan akal budi yang berkaitan dengan sebuah gagasan, keinginan atau afirmasi yang diterima sebagai kebenaran dan bekerja berdasarkan keinginan atau afirmasi itu sendiri. Bila dalam kehidupan ini ada keyakinan, dan ketetapan hati, berarti Anda hidup dalam tingkat mental dan emosional, yang akan menjadi milik Anda bila keinginan Anda telah terpenuhi, walaupun bila tanggapan perasaan memberikan petunjuk kearah sebaliknya. Sangatlah penting untuk menambahkan unsur keyakinan ke dalam setiap afirmasi Anda. Rasakan dan terimalah afirmasi ini sebagai kenyataan yang telah terkabul di dalam setiap keberadaan Anda.

.
Tindakan


Bertindaklah dan tuliskan afirmasi Anda pada selembar kertas, dengan menggunakan indera jasmaniah. Ini akan membawa mereka ke alam kesempatan dan letakkanlah di alam kenyataan, berikan wujud dan bentuk. Tiupkan napas dan kehidupan kedalam afirmasi Anda dengan melakukan tindakan lain yang diperlukan.

.
Tuliskan Afirmasi Anda

Ketika Anda menuliskan afirmasi Anda, berarti Anda berbicara kepada diri Anda sendiri atau berpikir pada kertas. Proses afirmasi terbentuk oleh afirmasi tertulis. Ketika Anda menulis Anda meninggalkan sebuah kesan, sebuah bentuk, atau sebuah gambaran pada kertas, kanvas atau yang lain. Di saat Anda menuliskan afirmasi Anda, maka afirmasi itu sedang dalam perjalanan menuju kenyataan. Kata-kata tertulis merupakan satu langkah lebih dekat menuju perwujudan afirmasi Anda.

.
Terwujud dengan segera

Pada suatu saat afirmasi Anda akan segera terwujud dan di saat yang lain hasilnya begitu lama. Bila pikiran, keinginan atau afirmasi Anda muncul dengan segera, bila tidak ada pikiran yang bertentangan hadir untuk meniadakan kekuatan ini, daya pikir akan melemparkan kekuatan yang sangat besar kebalik sebuah keinginan atau afirmasi. Akal budi yang tidak terbagi pada pikiran dan afirmasi atau keinginan tertentu, akan segera terwujud seakan-akan oleh sebuah kekuatan sihir. Hasil dari afirmasi Anda muncul di saat akal budi Anda menerima dan percaya sepenuhnya bahwa afirmasi itu benar.

Temukanlah cara untuk mengoptimalkan pompa akal budi Anda, mempercayai dan menerima bahwa afirmasi itu benar dan selalu akan demikian. Anda mungkin juga perlu meyakinkan setiap bagian akal budi Anda bahwa afirmasi Anda benar, dan selalu akan demikian. Masuklah ke dalam perasaan dan emosi Anda yang terdalam dan tanyakan kapan waktu yang tepat untuk bertindak dan tindakan macam apa yang dibutuhkan.

———--

Komentar

  • Ongky A.O calong org sukses  On Juni 11, 2010 at 10:05 am

    Sangat membangun sekali gan isinya anda ini…
    Saya yakin anda pasti org sukses jg..
    VERY NICE INFO GAN !
    RATE EXCLUSIVE 5 STAR *****

  • SHAWOL  On Januari 31, 2011 at 5:50 pm

    Makasih yaa…
    bagus banget :D

  • Ninik Ismiyati  On April 25, 2011 at 2:07 pm

    ternyata dalam hidup kita benar ,menjadi raja bagi diri semdiri.
    trimkasih

  • lisda  On Mei 4, 2011 at 7:10 pm

    luar biasa
    tq yah

  • jimmytahirjimmy tahir  On Januari 24, 2012 at 10:34 pm

    seperti hal nya simbol chokurei,, haruskah kita mengerti makna dari simbol itu , baru dapat kita rasakan energinya???

  • dee  On November 20, 2012 at 3:18 pm

    Keren…bermafaat buat org2 yg lg tertekan

  • Aziz aswan  On Desember 30, 2012 at 2:01 pm

    Merupakan sebuah motivasi yang sangat mempengaruhi diriku….thanks

  • Kanda Zaman  On September 2, 2013 at 8:38 am

    Afirmasi telah terbukti merubah hidup saya, bahkan saya bisa menemukan jodoh sesuai harapan saya dengan afirmasi ini. Karena afirmasi ini sangat powerfull maka kita harus hati2 dalam menuliskan setiap afirmasi ini, pilihlah tjuan yang benar2 anda inginkan … karena hidup ini bukan main2…salah dalam menuliskan afirmasi…bisa mewujud menjadi nyata…konsultasikan ke ahlinya sebelum menuliskan afirmasi anda…karena terkadang afirmasi atau penegasan yang terlalu tegas malah bisa membuat diri kita tidak mempercayai dengan apa yang akan kita raih alhasil…anda akan bosan sebelum memperoleh apa yang anda inginkan dan akhirnya andapun tidak bisa meraih apa yang anda inginkan…contoh yang paling simpel jika saya menginginkan berat badan ideal misal 63 kg dan berad badan saya sekarang 80 kg, kemudian saya tulis dengan specific “berat badan saya bulan januari 2014 adalah 63 kg” jika saya konsisten Insya Allah saya akan meraihnya…namun jika saya tidak konsisten baru saya baca 1 minggu dan tidak ada tanda2 penurunan berat badan…dan saya mulai meragukannya…maka kemungkinan bisar saya akan bosan dan mulai meragukannya…nah inilah godaan yang selalu mengintai dalam affirmasi….afirmasi memang powerfull namun harus dibarengi pengetahuab keyakinan dan bimbingan ….selamat meraih apaun yang anda inginkan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 150 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: