Makna Jabat Tangan

Karya : J. Maya Pilkington

Sentuhan merupakan hal yang sehat dan menenangkan. Semua orang membutuhkannya, walaupun hal itu dapat menjadi masalah yang peka bagi sementara orang. Sentuhan merangsang perasaan dan membutuhkan tanggapan, seperti misalnya pada cinta jasmaniah yang sepenuhnya tergantung pada indera sentuhan. Di sini, kali ini kita membatasi diri hanya pada pembahasan tentang jabat tangan saja. 

Dua orang yang saling berjabat tangan bisa bersentuhan dengan tingkat yang sama. Apakah ketika berjabat tangan Anda melakukannya dengan derajat yang sama? Jabat tangan Anda dapat di analisa, kualitas sentuhan bisa bermacam-macam, mulai dari cinta sampai kebencian; keduanya bisa cukup bergairah dan panas! Sentuhan yang kurang melibatkan perasaan jauh lebih dingin tetapi sentuhan yang diberikan kepada kita tetap saja memberikan semangat hidup.

Bersentuhan

Pengaruh positif yang ditimbulkan oleh sentuhan terhadap sistem syaraf bukan ditimbulkan oleh kwantitas, melainkan oleh kwalitas dan frekwensi sentuhan.

*


Salam yang dominan

Sentuhan pada lengan seorang kenalan biasanya bisa diterima, tetapi pada contoh berikut ini, orang yang menyentuh mengambil posisi yang lebih dominan pada saat melakukan sentuhan sambil berjabat tangan. Apakah yang Anda lakukan salah satu di antara yang berikut ini?

1. Menangkap siku
.
*
2. Memegang pergelangan
.
*
3. Meremas lengan
.
*
4. Mencengkeram bahu
.
* 

Gambar-gambar di atas juga mengindikasikan urutan kehangatannya, yang nomor empat adalah yang paling hangat.


Apakah Anda paham bahwa ada perbedaan budaya yang tajam?

Orang Inggris dan Amerika mempunyai kebiasaan bersahabat dengan cara menggenggam tangan kanan kita untuk mengendalikan reaksi kita. Orang India akan merasa sangat terhina dengan sentuhan tangan kiri seperti ini. Orang Hindia Barat mungkin sekali akan membalasnya dengan sangat antusias, sedangkan orang Perancis dengan segera akan mengecup kedua pipi Anda!

Jabat tangan yang seperti apa?

Amati gambar-gambar berikut ini untuk mengetahui jabat tangan seperti apa yang Anda lakukan. Mungkin Anda perlu memperbaiki cara Anda berjabat tangan, kecuali kalau Anda sudah berjabat tangan dengan tingkatan yang sederajad.

Sederajat. Kedua tangan tegak lurus dengan ibu jari sejajar. Jabatannya keras, tetapi rileks.
.
*
Mengontrol. Tangan diputar sehingga posisi tangan yang mengontrol berada di atas telapak tangan yang terbuka. Baik bagi orang yang sedang berpacaran, tetapi tidak terlalu baik untuk bisnis.
.
*
Sambil menarik.
Menarik orang agar lebih mendekat bisa menjadi pertanda akan kurangnya rasa percaya diri, atau keinginan untuk kontak yang lebih erat.
.
*
Hanya jari saja. Baik memberikan jabat tangan ataupun diberi, ini adalah jabat tangan orang yang mau menahan, tetapi tidak mau memberikan dirinya.
.
*
Ikan dingin.
Terkulai, dingin atau lembab. Jabat tangan seperti ini jelas tidak mengundang. Tanyakan pada teman Anda apakah tanpa sadar Anda melakukannya.
.
*
Jabatan mencengkeram. Aduuuh!! Biasanya reaksi yang demikian yang didapat. Sering kali ini dugunakan oleh orang yang agresif, agar nampak kuat.
.
*
Pelindung.
Berjabat tangan dengan kedua tangan adalah pertanda kehangatan di antara dua teman, tetapi menyiratkan maksud untuk mengambil muka jika dilakukan oleh orang yang belum dikenal. Banyak politikus yang berjabat tangan dengan cara seperti ini.
.
*

Masih banyak cara berjabat tangan yang lain, tetapi kebanyakan tidak bermakna khusus selain ungkapan kegembiraan dan keakraban, terutama jabat tangan di kalangan anak-anak muda.

Jadi dengan memperhatikan cara seseorang berjabat tangan, sedikit banyak Anda bisa mengetahui sifat dan maksud orang itu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana kita sendiri berjabat tangan, amatilah diri Anda dan setelah itu kalau perlu ubahlah dengan gaya yang paling baik, dan lambat laun bawah sadar Anda akan terpengaruh dan akhirnya pembawaan Andapun akan berubah.

———-

Komentar

  • ude baha  On Maret 24, 2010 at 11:20 pm

    pengetahuan baru ni bagi gw…

  • Rohmat Hidayat  On Oktober 7, 2010 at 2:56 pm

    Wah berarti berjabat tangan memiliki dampak psikologis ya untuk orang lain. jika demikian kita akan tahu tingkat komunikasi kita dengan orang lain. seperti serius, rilek atau formal.

  • Jamal Mahfodz  On Oktober 19, 2011 at 10:55 pm

    Maaf tuan…….. mohon kebenaran copy paste. hjm

  • vict.ruddy s  On Februari 8, 2012 at 10:31 am

    Pak Beye gaya jabatan tangannya no.1. Coba saja diperhatikan kalo jabat tangan. So artinya ?

  • iche  On April 13, 2012 at 6:49 am

    jalani aktifitas hari ini dengan ucapkan “salam” dan “Berjabatangan dengan gaya mu sendiri !!

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 155 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: