Kesimpulan

KESIMPULAN

Kesimpulan final dari presentasi ini dapat diriongkas dala 4 kalimat , yaitu  :

Satu buah pusat

Dua butir pokok

Tiga perilaku benar

Delapan butir yang perlu diperhatikan

Satu buah pusat : satu buah pusat tiada lain adalah kesehatan. Kesehatan adalah pusat perhatian kita, bila kehilangan kesehatan, maka telah kehilangan segalanya.

Dua butir pokok : pertama : Tidak perlu menggubris hal yang remeh-remeh. Butir pokok kedua: Pandai menyusun urutan prioritas. Orang hidup harus sedikit acuh terhadap yang remeh-remeh yang tidak penting, jangan sampai dipusingkan oleh hal-hal tersebut, tetapi harus pandai memilah-milah dan menempatkan hal-hal penting dalam urutan prioritas, mana yang perlu penanganan cepat dan tepat. Sehingga akan terbentuklah sikap lapang dada, berintegritas tinggi, berwawasan luas dan merupakan problem solver yang baik.

Tiga perilaku benar yaitu : Menolong orang adalah kebahagiaan, Bersyukur adalah kebahagiaan, Bahagia dengan apa yang diperoleh. Maka dengan tiga perilaku ini, orang akan senantiasa bahagia.

Delapan butir yang perlu diperhatikan yaitu : 4 butir fondasi kesehatan dan 4 butir yang terbaik. Empat fondasi kesehatan : makan dengan sepantasnya; Olah raga dengan takaran yang pas; Tidak merokok dan batasi alkohol; Keseimbangan mental dan batin. Empat butir terbaik adalah : Dokter terbaik adalah diri sendiri; obat terbaik adalah waktu; kondisi mental terbaik adalah tenang seimbang dan olah terbaik adalah jalan kaki.

Pada dasarnya, kalau kita memiliki semua itu tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar, kita semua akan sehat sampai usia tujuh puluh, delapan puluh, bahkan sembilan puluh atau lebih bukanlah suatu mimpi.

.

PENUTUP

Gaya hidup warga usia pertengahan dan usia lanjut serta pengaruhnya terhadap kesehatan oleh Prof.Hung Zhao Guang ini pada garis besarnya tidak bertentangan dengan ajaran prana, bahkan banyak yang telah tercakup dalam ajaran Grand Master Choa Kok Sui khususnya tentang Pembentukan Watak yaitu Cinta kasih dan tidak menyakiti, Dermawan dan tidak mencuri serta Jujur dan tidak berbohong.

Harapan penyaji, semoga dapat menambah wawasan kita dan selanjutnya dapat diambil hal-hal sesuai dengan kondisi kita serta yang bermanfaat untuk selanjutnya diamalkan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan kita diusia lanjut.

Hidup sehat adalah menuju hidup pribadi yang bahagia, hidup keluarga bahagia dan seluruh masyarakat ikut pula bahagia. Pada millennium baru ini, kesehatan individu warga masyarakat akan menciptakan keluarga yang sehat, masyaraktat dan bangsa yang sehat. Bangsa yang sehat adalah bangsa yang produktif dan dapat memberi sumbangan besar bagi pembangunan negara dan bangsa.

Akhirul kalam, terima kasih untuk saudaraku BP.H.Marjono yang telah memberi buku  Gaya Hidup Warga Usia Pertengahan dan Usia Lanjut serta pengaruhnya terhadap Kesehatan yang merupakan sumber utama dalam makalh ini.

Kami sadari banyak kekurangan dan cara penyajian untuk itu kami mohon maafr dan menunggu saran-saran dari para pranawan-pranawati.

Salam prana

Jangan biarkan orang yang datang kepadamu

Pergi tanpa merasa lebih bahagia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 142 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: