Tentang Kencing Manis

Pengertian Kencing Manis

Kencing manis atau penyakit gula, sudah dikenal sejak lebih kurang dua ribu tahun yang lalu. Pada waktu itu, dua ahli kesehatan Yunani yaitu Celcus dan Areteus, memberikan nama atau sebutan diabetes pada orang yang menderita banyak minum dan banyak kencing. Oleh karena itu, hingga saat ini penderita banyak minum dan banyak kencing tersebut, dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah Diabetes Mellitus (bahasa Latin: diabetes = penerusan; mellitus = manis).

Diabetes mellitus, penyakit gula, atau penyakit kencing manis, diketahui sebagai suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya gangguan menahun terutama pada sistem metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein dalam tubuh. Gangguan metabolisme tersebut disebabkan kurangnya produksi hormon insulin, yang dipeilukan dalam proses pengubahan gula menjadi tenaga serta sintesis lemak. Kondisi yang demikian itu, mengakibatkan terjadinya hiperglikemia, yaitu meningkatnya kadar gula dalam darah atau terdapatnya kandungan gula dalam air kencing dan zat-zat keton serta asam (keto-acidosis) yang berlebihan. Keberadaan zat-zat keton dan asam yang berlebihan ini menyebabkan terjadinya rasa haus yang terus-menerus, banyak kencing, penurunan berat badan meskipun selera makan tetap baik, penurunan daya tahan tubuh (tubuh lemah dan mudah sakit). Penderita kencing manis, tidak jarang yang harus meninggal pada usia muda.

Perubahan cukup besar dalam bidang kedokteran, terjadi pada tahun 1921, yaitu setelah Dr. Frederick Banting dan Prof. Charles Best (keduanya dari Inggris), berhasil menemukan suatu zat yang disebut insulin. Dengan bantuan penambahan insulin buatan, para penderita kencing manis dapat hidup dengan lebih balk dan dapat mencapai usia yang relatif normal. Menurut data WHO (World Health Organization) tahun 1990, lebih kurang 2% dari total penduduk dunia, merupakan penderita penyakit kencing manis.


Diet untuk Penderita Diabetes

Meskipun secara medis belum bisa disembuhkan, sesungguhnya penderita DM tetap dapat hidup normal jika menerapkan pengelolaan diabetes dengan baik.

Penyakit DM yang banyak diderita atau 90-95% adalah diabetes tipe 2, yaitu karena tubuh tidak cukup menghasilkan insulin atau menggunakan insulin untuk menurunkan kadar gula (glukosa). Meskipun belum bisa disembuhkan, sesungguhnya penderita penyakit ini tetap dapat hidup normal jika menerapkan pengelolaan diabetes dengan baik. Langkah-langkah yang mesti dilakukan antara lain menurunkan berat tubuh bagi yang kelebihan berat dan kegemukan, olahraga atau latihan fisik secara teratur, mengatur pola makan dengan baik, menghindari stres, dan memeriksa kadar darahnya.

Untuk mencapai tujuan itu, pengaturan diet harus memperhatikan berat tubuh dan aktivitas penderita diabetes guna menentukan besarnya kalori. Sebagai pedoman, besarnya kalori untuk penderita DM adalah berat badan ideal (BBI) dikalikan 25 kkal ditambah 20% aktivitas.

Kelompok dan jenis bahan pangan yang perlu dikenali oleh penderita DM, tertera dalam Tabel 2 dan 3 berikut:

Sebenarnya semua makanan boleh dimakan oleh penderita DM asalkan sanggup membatasi jumlahnya sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak, untuk amannya dianjurkan mengonsumsi jenis makanan yang disarankan seperti di atas. Selanjutnya, membuat jadwal makan dengan tetap makan tiga kali sehari (pagi, siang, dan malam hari) ditambah makanan selingan tiga kali, sehingga selang waktu atau interval makannya tiga jam.

Petunjuk terakhir adalah tidak mudah stres, karena keadaan ini boleh jadi mengacaukan hormon-hormon dan buruknya kinerja organ-organ tubuh, sehingga berdampak pada rendahnya produksi dan sensitivitas insulin. Di samping itu, tidak lupa memeriksakan kadar gula darah, sehingga dapat terus mengelola pola makan (diet) dengan baik.

Sumber: Artikel Kesehatan
Fkunhas.com; pengertian-kencing-manis

Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: