Terapi Sari Bunga

Oleh : Bernard Prasodjo (MP 25)

Ternyata banyak manfaat lain dari bunga-bungaan selain untuk dinikmati keindahan dan keharumannya. Dengan cara tertentu, mandi bunga ternyata dapat membersihkan emosi, dan sari bunga mempunyai khasiat penyembuhannya sendiri, masing-masing sari bunga mempunyai khasiat yang khusus.

Mandi bunga

Ketika kita hendak mandi bunga, yang sangat perlu diperhatikan terutama adalah cara kita menangani bunga tersebut. Apalagi kalau bunga itu kita beli di pasar, yang telah ditangani oleh banyak orang, pada umumnya bunga itu adalah bunga tujuh rupa. Sebelum kita pergunakan, bunga-bunga itu harus terlebih dahulu kita bersihkan, baik secara fisik maupun secara eterik, bahkan juga emosi dan spiritual, caranya adalah dengan membilasnya dengan air bersih, kemudian dibersihkan energinya dengan penyapuan, biasanya dengan menggunakan energi lembayung listrik, kemudian kita berdoa agar bunga-bunga itu diberi daya penyembuh ketika nanti digunakan untuk mandi.

Sari bunga biasanya tersimpan dalam sejenis zat berminyak yang terkandung di dalam kuntum bunga, zat itu biasanya tidak mudah larut dalam air, itulah sebabnya, sebagai seorang penyembuh prana, kita menyemprotnya terlebih dahulu dengan alkohol agar aroma sari bunga yang berminyak itu larut dalam alkohol, sedangkan alkohol bisa larut dalam air, jadi sebenarnya kita menggunakan alkohol hanyalah sebagai cairan perantara agar bisa melarutkan aroma sari bunga ke dalam air yang akan kita gunakan untuk berendam, dengan demikian kita bisa memanfaatkan aroma sari bunga itu dengan maksimal. Mandi bunga sangat bermanfaat terutama untuk pembersihan emosional.

Setelah semua persiapan itu selesai, kemudian kita berendam dalam air bunga itu selama kira-kira 10 menit atau 15 menit sambil berdoa, memohon agar dengan ini tubuh fisik, eterik dan emosi kita dibersihkan.

Kalau mau, kita bisa sambil menggosokkan kuntum bunga itu ke bagian-bagian tubuh kita sambil berdoa dan meniatkan agar bunga itu membersihkan diri kita. Mandi bunga sungguh membuat kita menjadi segar dan tenteram, itu kalau kita melakukannya dengan benar. Setelah mandi bunga, biarkan tubuh kita mengering secara alami, jangan pakai handuk.

Kadang-kadang, sebagai pengganti alkohol, kita menggunakan brandy atau vodka, walaupun harganya cukup mahal, tetapi cairan itu mempunyai efek yang lebih kuat, tetapi sangat lembut apalagi kalau dicampur dengan sedikit garam.

Sari bunga

Sari bunga (flower essence) saat ini sudah dikenal secara luas dan bahkan sudah menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Walau energi bunga sangat lembut, namun pada kenyataannya setelah beberapa saat pengaruhnya sangat kuat.

Memilih sari bunga saja sudah menjadi sebuah proses pengembangan batin dan kesadaran. Melalui refleksi dalam hening, meditasi, pemeriksaan batin serta berkonsultasi dan membahasnya bersama orang lain, bisa saja menjadi alat penyadar atas permasalahan dalam kehidupan kita yang memerlukan perhatian lebih. Mungkin itu terkait dengan bidang apa saja dalam kehidupan kita, pekerjaan kita, atau hubungan kita, atau dengan jati diri kita sendiri. Ada kecenderungan seseorang akan melihat bunga tertentu secara jelas melalui mata batin mereka, namun ketika kemudian itu dicocokkan dengan buku referensi, selalu saja kita bisa dibuat tercengang oleh ketepatan khasiat bunga yang dipilih.

Pengujian secara kinesiologi merupakan cara lain yang dapat kita lakukan untuk memilih sari bunga yang tepat bagi diri kita sendiri. Sari bunga adalah kuntum bunga yang dipersiapkan untuk diberi sinar ma¬ćtahari di dalam semangkuk air, kemudian ditambah air, dikuatkan dan kemudian diawetkan dengan brady, karena brandy atau bisa juga vodka, jauh lebih lembut dan lebik kuat dibandingkan dengan alkohol. Persiapan ini akan menunjukkan kesan yang nyata ataupun pola energi serta khasiat dari setiap jenis bunga.

Kekuatan alam yang hidup, dikumpulkan, diproses dan dimasukkan kedalam botol khusus, dan kemudian digunakan untuk melakukan penyembuhan tubuh fisik, eterik, astral dan spiritual kita. Sari bunga ini terkenal sangat efektif dan aman untuk digunakan.

Sari bunga, atau sering disebut juga dengan tetes bunga dapat langsung diambil dari botol persediaan, setiap kali hanya digunakan beberapa tetes saja, tiga atau empat tetes dapat dicampurkan dalam sedikit air kemudian diaduk, dan setelah itu dihirup sedikit demi sedikit. Namun lebih baik lagi kalau dipersiapkan botol -botol kecil (kira-kira volumenya 3 cc) yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Isilah botol itu 3/4nya dengan air yang sudah disuling, tambahkan 2 sampai 4 tetes sari bunga yang Anda pilih. Tambahkan brandy secukupnya agar botol menjadi penuh, brandy dimaksudkan lebih sebagai pengawet dan pembersih. Cuka apel atau gliserin nabati dapat juga digunakan sebagai bahan pengawet alternatif, sebanyak-banyaknya sepertiga atau setengah dari isi botol. Dosis standar dari sari bunga adalah empat sampai sepuluh tetes di bawah lidah empat kali sehari. Peningkatan kekuatannya bukanlah dengan cara setiap kali menambahkan jumlah tetesnya, tetapi dengan cara meningkatkan frekwensi penggunaannya. Anda akan dapat memetik manfaat yang sangat besar kalau sebelumnya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan praktisi yang ahli.

Walaupun kadang-kadang orang mengalami perubahan kesadaran secara mendadak ketika menggunakan sari bunga, orang lain kadang sulit untuk menentukan setiap perubahan yang timbul karena biasanya pengaruhnya meningkat sedikit demi sedikit. Didapati bahwa kalau kita menggunakan sari bunga dalam waktu yang lama, itu akan dapat membangun pengaruh yang kuat dan menstabilkan, terutama dalam hubungan dengan pasangan kita, dalam sikap kita, dalam prioritas kita, dalam seluruh tingkat kesejahteraan kita. Sari bunga tidak menyembuhkan semuanya…., mereka lebih dimaksudkan untuk menjadi penolong kita dalam menyelaraskan energi kehidupan kita menuju pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Dr. Edward Bach, seorang pelopor dalam pemahaman akan hubungan antara tubuh emosi kita dengan kesehatan lahiriah kita, adalah penemu dari penyembuhan dengan terapi sari bunga. Kesehatan yang buruk (ketidak-seimbangan fisik dan ketidak-nyamanan) terjadi bila kita dalam keadaan tidak seimbang atau bila kita kehilangan kesadaran kita, terkucil dari yang lain, atau tidak sejalan dengan tujuan hidup kita.

Sari bunga yang tepat dan cocok diletakkan di dekat komputer Anda untuk keperluan mengendurkan syaraf adalah serai. Sari serai membantu meringankan perasaan mudah tersinggung, stress dan melindungi kita dari menyerap pengaruh lingkungan (terutama yang mempengaruhi dalam suasana kantor). Ketika kekuatan lingkungan dan sosial berusaha membanjiri kita, serai bisa menolong.

Cara memproses sari bunga

  1. Sterilkan peralatan Anda dengan mencucinya dengan air sabun. Pastikan agar Anda tidak menyentuh bagian dalam toples atau guci setelah dicuci, ini untuk memastikan kemurnian sari bunga yang akan diproses.
  2. Secara intuitif, hubungkan diri Anda dengan makhluk terang, pancaran kehidupan, malaikat atau dewa (tergantung pada keyakinan Anda) yang bertanggungjawab atas pertumbuhan bunga yang Anda pilih untuk diproses, tentukan sendiri berapa kuntum yang Anda butuhkan, secara umum biasanya antara 1 sampai lima kuntum, lebih tergantung pada besar-kecilnya bunga.
  3. Kumpulkan kuntum bunga itu langsung ke sebuah piring kecil yang terbuat dari gelas dengan cara memegangnya dengan penjepit dan menggunting tangkainya, hati-hati ketika menanganinya, Menyentuh atau menciumnya bisa mengubah energi bunga itu.
  4. Gunting kelopak bunganya, biarkan kelopak bunga itu jatuh ke dalam piring tanpa menyentuhnya dengan tangan Anda.
  5. Isilah toples atau guci seukuran 2 liter Anda dengan satu liter air yang sudah disuling.
  6. Pindahkan satu-persatu kelopak bunga Anda dengan menggunakan penjepit, tanpa menyentuhnya dengan tangan ke dalam toples atau guci yang sudah berisi air sehingga setiap kelopak bunga mengambang dipermukaan air. Guncang juga serbuk sarinya agar terjatuh dalam air.
  7. Letakkan toples atau guci Anda di taman atau ditempat yang terkena sinar matahari.
  8. Ulang proses nomor 2 sampai 7 untuk masing-masing jenis bunga yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  9. Berdoalah kepada Tuhan dan kepada roh alam atau malaikat alam agar bunga yang sedang diproses di bawah sinar matahari ini diberi daya penyembuhan. Biarkan setiap toples atau guci bunga menyerap energi matahari selama 1 menit. Secara kosmik energi itu akan dilepas ke dalam air.
  10. Kemudian biarkan proses pembumian (grounding) berlangsung, pada hari yang cerah selama lebih-kurang 2 jam, pada cuaca yang kurang cerah selama 3 jam.
  11. Isi toples atau guci seukuran 2 liter dengan kira-kira 1 liter brandy. Perbandingan yang disarankan adalah 40-50% brandy dengan 60-50% sari bunga (jangan menggunakan lebih dari 50% brandy).
  12. Penuhi toples atau guci Anda dengan air bunga yang sudah dijemur di matahari.
  13. Amankan toples atau guci dengan penutup yang bersih, kemudian segel dengan selotip dan berikan label dengan nama bunga yang ada di dalamnya, serta tanggal pembuatannya.
  14. Toples atau guci yang sudah selesai ditangani kemudian diletakkan di tengah taman atau tempat alternatif lainnya yang merupakan titik kekuatan untuk pemrosesan akhir.
  15. Selamat, sari bunga Anda sekarang sudah selesai dibuat.

 

Yang perlu diperhatikan

  1. Alat dan bahan yang diperlukan: gunting, penjepit yang panjang, toples atau guci yang terbuat dari gelas transparan seukuran 2 liter, piring kaca, air yang sudah disuling, guci pengawet beserta tutupnya, brandy.
  2. Waktu paling cocok untuk memetik bunga adalah antara jam 8.00 sampai jam 10.30. Hari yang cerah merupakan keharusan dalam persiapan membuat sari bunga!
  3. Pilihlah bunga yang baru akan mekar penuh keesokan harinya.
  4. Bunga yang akan dijadikan sari bunga untuk keperluan pribadi sebaiknya Anda proses sendiri, itu demi perkembangan batin dan kesadaran Anda.
  5. Setiap bunga mempunyai khasiatnya masing-masing.

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 151 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: