Konsep Dasar Penyembuhan Prana

Konsep Dasar Penyembuhan Prana

Tingkatan Penyembuhan

Dalam ilmu pengobatan kuno, terdapat lima tingkatan kemampuan penyembuhan.

Tingkat Pertama:

Tingkat ini disebut tuena. Penyembuh menggunakan tangannya untuk mengurut dan memijat. Hal ini disebut juga dengan acupressure. Ini merupakan kemampuan tingkat pertama.

Tingkat kedua:

Pada tingkat ini, penyembuh menggunakan ramuan tumbuh-tumbuhan (herbal), kadang juga menggunakan ramuan yang berasal dari hewan serta mineral untuk menyembuhkan pasien.

Tingkat ketiga:

Pada tingkat ini, penyembuh menggunakan teknik akupunktur dan moxibustion. Menggunakan jarum untuk memperlancar aliran energi.

Tingkat keempat:

Pada tingkat ini penyembuh menggu­nakan akupunktur sambil memproyeksikan ch’i pada jarum, meridian dan organ dalam. Ini merupa­kan teknik penyembuhan tingkat tinggi, di China untuk menguasai teknik penyembuhan ini membutuhkan waktu bertahun-tahun.

Tingkat kelima:

Merupakan kemampuan penyembuhan tingkat tertinggi, dilakukan dengan cara mengalirkan ch’i tanpa menggunakan jarum ataupun kontak fisik. Energi ch’i dialirkan dari jarak dekat maupun jarak jauh, misalnya dari daerah satu ke daerah lainnya. Dalam kebudayaan China dan India kuno, teknik mengalirkan energi ch’i atau prana dalam jarak dekat maupun jarak jauh tan­pa merasa lelah ini pada saat itu sangat dijaga kerahasia­annya dan hanya sangat sedikit orang yang mampu melakukannya.

Dua aliran Medical Ch’i Kung

Mengalirkan energi ch’i tanpa kontak fisik biasa disebut dengan Medical Ch’i Kung atau Ch’i Kung Kesehatan. Ada dua aliran Ch’i Kung Kesehatan, yaitu aliran internal dan aliran eksternal.

Ch’i Kung Kesehatan Aliran Internal lebih populer. Dalam mem­praktekkannya, dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk menguasainya, terutama dalam mengembangkan energi ch’i yang lembut namun kuat. Menggunakan cara penyembuhan internal ini sangat menguras tenaga dan melelahkan, oleh karena itu para tabib China jika menggunakan metoda ini hanya bisa menyembuhkan dua sampai tiga pasien saja dalam sehari.

Ch’i Kung Kesehatan aliran Eksternal memang kurang populer bahkan kurang dikenal secara luas. Aliran ini menggunakan energi Ch’i yang berasal dari udara dan bumi, yang langsung diarahkan ke pasien untuk menyembuhkannya.

Ch’i Kung Kesehatan aliran Eksternal ini lebih kuat dibandingkan dengan aliran Internal. Menggunakan Ch’i Kung kesehatan aliran Eksternal ini tidak menghabiskan energi dan tidak membuat lelah praktisinya. Seorang Master Ch’i Kung Kesehatan Eksternal mampu menyembuhkan 20 – 30 orang pasien dalam sehari. Penyembuhan Prana termasuk dalam lingkup Ch’i Kung Kesehatan aliran Eksternal.

———-

<- KEMBALI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s