Sehat dan Sejahtera

Untuk kesehatan yang menyeluruh – spiritual, emosional, mental dan fisik – ada beberapa aturan sederhana yang perlu diikuti oleh semua orang agar dapat meningkatkan kondisi kesehatan dan kesejahteraan mereka secara menyeluruh. 

Pertama-tama perlu kita pahami bahwa kebanyakan gangguan pola makan merupakan sebuah kebiasaan yang kompensatoris, untuk mengkompensasikan ketidak seimbangan emosi dan/atau mental dalam diri seseorang, dan keseimbangan antara orang tersebut dengan lingkungan di sekitarnya. Oleh sebab itu mencapai kebahagiaan dan keseimbangan dalam diri Anda merupakan prioritas utama. Sementara itu banyak cara diet yang rumit dan ketat sudah dipublikasikan. Bagi mereka yang ingin meningkatkan spiritualitas, tidak diperlukan aturan yang ketat. Namun, beberapa aturan sederhana yang efisien dan penting ini akan dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda:

  1. Konsumsilah makanan alami saja, yang ditanam di lingkungan alami dan biologis, bebas dari pupuk buatan, pestisida, insektisida dan herbisida.
  2. Pilihlah sayuran yang ditanam di udara terbuka langsung di bawah sinar matahari dan hindarkan setiap produk rumah kaca. Produksi rumah kaca memang nampak lebih menarik dengan ukuran lebih besar, tetapi mutunya jauh dibawah, terutama kandungan energi prananya, dengan demikian Anda memerlukan jumlah yang lebih banyak, agar kebutuhan tubuh Anda akan energi, vitamin alami dan mineral dapat terpenuhi.
  3. Hindari makanan, bahan makanan atau produk makanan yang dihasilkan dari rekayasa genetika.
  4. Gunakan bumbu-bumbu alami, bila memungkinkan bumbu yang masih segar, itu lebih baik daripada bumbu yang dihasilkan pabrik secara komersial.
  5. Bila memungkinkan, hindari makanan kaleng atau hasil olahan pabrik. Itu akan selalu mungkin, kalau Anda menghendakinya.
  6. Makanlah sayuran mentah yang segar sebagai lalapan atau buah segar yang matang di pohon sebagai bagian dari diet Anda.
  7. Hindari vitamin dan mineral kimiawi, sebagi gantinya makan saja sayur atau buah yang segar, yang terbebas dari bahan pengawet, sepanjang tahun.
  8. Bila Anda seorang vegetaris, minumlah kira-kira 1 sampai 2 liter air murni segar yang diambil langsung dari mata air, untuk membantu tubuh Anda menggelontor setiap debris makanan dan untuk menyeimbangkan sistem cairan tubuh. Minuman ringan kalengan jauh lebih rendah mutunya dibandingkan dengan air segar atau buah segar.
  9. Belajarlah memanfaatkan lebih dari 100 variasi teh herbal yang tersedia untuk lebih jauh membantu tubuh Anda menyeimbangkan sistem energinya dan melindungi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Belajarlah menanam sendiri ramuan segar atau kumpulkanlah dari alam di sekitar Anda sebagai sumber dari ramuan yang bersih dan yang tumbuh secara alami, dengan gratis. Ingat bahwa ramu-ramuan sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, bila diterapkan dengan tepat, akan sangat manjur. Ingatlah selalu kata-kata bijak berikut: “Selalu ada ramuan untuk segala macam penyakit.”
  10. Untuk ketidak seimbangan emosi, belajarlah menggunakan ramuan bunga-bungaan. belajarlah bagaimana membuat ramuan bunga-bungaan itu sendiri, yang diambil dari bunga yang tumbuh secara alami disekitar lingkungan Anda.
  11. Makanlah dalam jumlah sedikit beberapa kali sehari, jangan langsung minum setelah makan. Minum di saat makan atau langsung setelah makan akan melarutkan semua asam dan cairan tubuh lainnya yang diperlukan untuk mencerna makanan dalam perut Anda. Minumlah air segar murni atau segelas herbal-tea 30 sampai 60 menit sebelum dan sesudah makan.
  12. Ketika memasak sayuran, belajarlah melakukannya dengan cara “Asia”, dengan menggoreng atau merebusnya sebentar saja, biasanya antara 2 sampai 3 menit saja, ini untuk mempertahankan sebanyak mungkin vitamin dan enzym yang dikandungnya.
  13. Pergunakanlah produk lokal, buah-buahan lokal dan sayuran lokal yang sedang musim. ini untuk memastikan Anda memperoleh produk yang segar, yang matang di pohon dan dipetik setiap hari. Ingatlah bahwa semakin lama Anda menyimpan buah atau sayuran, akan semakin sedikit energi prana yang dikandungnya. Sehingga Anda memerlukannya lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.
  14. Pergunakan sebanyak mungkin variasi buah dan sayuran yang ada.
  15. Lebih baik ikutilah intuisi dan naluri Anda daripada mempercayai buku, ketika Anda memilih jenis buah dan sayuran yang berbeda setiap harinya.
  16. Biarkanlah anggota keluarga lainnya memakan sesuatu yang berbeda daripada mengikuti satu-satunya menu bagi sebuah keluarga yang besar. Orang yang berbeda kemungkinan mempunyai kebutuhan energi yang berbeda pula, untuk menjaga agar sistem mereka tetap seimbang dan sehat. Ingat: Membuat bahagia orang lain adalah sumber kebahagiaan Anda sendiri. Namun demikian buatlah setiap anggota keluarga Anda bahagia dengan makanan yang cocok bagi mereka. Jangan memaksa anak-anak memakan apa yang menurut Anda adalah yang terbaik buat mereka. Kebanyakan anak kecil mempunyai naluri dan intuisi yang lebih dapat dipercaya sehubungan dengan kebutuhan tubuhnya daripada   orang tua mereka. Bagaimanapun, bila Anda ingin mereka makan makanan yang menyehatkan, Anda sendiri juga harus terlebih dahulu makan secara sehat, bahkan walaupun saat itu anak Anda tidak ada di situ, dan sebaliknya juga.
  17. Jangan makan makanan buatan pabrik, seperti makanan dalam kaleng, atau makanan yang sudah dibekukan dan sejenisnya.
  18. Jangan memasak dengan microwave, memasak dengan menggunakan microwave merubah getaran makanan yang alami, masaklah dengan cara tradisional. Tungku dengan bahan bakar kayu atau kompor gas jauh lebih baik dari pada kompor listrik.
  19. Bagian dari nutrisi yang sehat adalah jalan pagi setiap hari secara teratur, atau kegiatan lain yang merilekskan dan menyenangkan di udara terbuka yang bersih, dilingkungan yang alami. Paling tidak selama satu atau dua jam. Kegiatan di udara terbuka di lingkungan yang alami, dengan sangat berarti menyumbang pada keseimbangan sistem energi dan membantu Anda membangun kesehatan dan kesejahteraan secara menyeluruh.

Ini semua hanyalah beberapa aturan sederhana yang sebaiknya Anda ikuti. Kalau Anda punya anak, ingatlah bahwa setiap anak akan mencoba membuat keharmonisan, kebersamaan, antara aura Anda berdua (sebagai orang tua) dengan auranya sendiri. Kalau Anda merokok, minum minuman keras, makan makanan yang tidak bermutu, gula-gula,…. bahkan ketika anak Anda tidak ada, secara bawah sadar, anak Anda akan merasakan ketidak seimbangan antara auranya dan aura Anda, dan mereka akan berusaha untuk menyeimbangkan tubuh energi mereka dengan tubuh energi orang tuanya, ini menyebabkan mereka merasa ketagihan berbagi jenis makanan tidak bermutu, gula-gula ataupun produk artifisial lainnya.

Aliran cinta sejati yang lancar dan langsung kepada orang lain maupun yang berasal dari orang lain akan mengurangi kebutuhan untuk mengkompensasi gangguan pola makan. Jiwa hidup karena cinta, sekali Anda sudah terbebas, Anda akan hidup sehat dan sejahtera.

———-
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s