Rahasia Cinta

Oleh: Lloyd J. Thomas, PhD.

Dalam masa libur akhir tahun yang lalu, saya menerima kiriman surat elektronik dari seorang pembaca, yang berisi sebuah artikel yang cukup menarik: “Top Ten Secret of Love”, sepuluh rahasia cinta yang paling utama. Secara psikologis itu sangat sehat dan bermanfaat, saya ingin membagikannya pada Anda, barangkali Anda ingin menggunakannya sebagai sebuah peringatan sepanjang tahun…., atau bahkan sepanjang kehidupan Anda.


Sepuluh rahasia cinta yang utama

1. Kekuatan pikiran

Cinta berawal dari pikiran kita, kita menjadi seperti apa yang kita pikirkan. Pikiran penuh cinta menciptakan pengalaman penuh cinta dan hubungan penuh cinta. Afirmasi dapat mengubah keyakinan dan pikiran mengenai diri kita dan diri orang lain. Kalau kita ingin mencintai orang lain, kita harus memperhatikan kebutuhan dan keinginan mereka. Berpikir tentang pasangan ideal yang Anda dambakan akan membantu Anda mengenalnya ketika suatu ketika nanti Anda berjumpa dengannya.

2. Kekuatan rasa hormat

Anda tidak dapat mencintai seseorang atau sesuatu kecuali kalau Anda terlebih dahulu menghormatinya. tentu saja yang mula-mula perlu Anda hormati adalah diri Anda sendiri. Untuk mulai memperoleh self-respect bertanyalah pada diri Anda sendiri, apa yang saya hormati pada diri saya? Untuk memberikan hormat pada orang lain, walaupun mungkin sebenarnya Anda tidak begitu menyukainya, bertanyalah terlebih dahulu pada diri Anda, apa saja yang saya hormati dari dirinya?

3. Kekuatan memberi

Kalau Anda ingin menerima cinta, yang perlu Anda lakukan adalah memberikannya terlebih dahulu. Apa yang Anda tebar, itulah nanti yang akan Anda tuai. Semakin banyak Anda memberikan cinta, semakin banyak cinta yang akan Anda terima. Mencintai adalah memberikan seluruh diri Anda, dengan lepas, penuh kerelaan dan tanpa pamrih. Teruslah berlatih melakukan kebaikan hati…, itu adalah rahasia dan resep kehidupan yang bahagia, hubungan yang langgeng akan berlangsung bila Anda selalu memusatkan perhatian pada apa yang dapat Anda berikan kepada orang lain, bukannya pada apa yang bisa Anda terima.

4. Kekuatan persahabatan

Untuk mendapatkan cinta yang sejati, untuk mencintai seseorang dengan sepenuhnya, nampaknya Anda harus mencintainya seperti apa adanya, bukan seperti penampilan luarnya. Persahabatan adalah tanah yang gembur di mana benih cinta bisa tumbuh dengan subur. Bila Anda ingin membawa cinta kedalam pergaulan, Anda juga harus membawa serta persahabatan.

5. Kekuatan sentuhan

Sentuhan adalah salah satu ekspresi cinta yang paling kuat, dia dapat meruntuhkan tembok pembatas dan mempererat persahabatan. Sentuhan yang lembut mampu merubah keadaan fisik dan emosional seseorang, serta membuat kita menjadi lebih reseptif dan lebih peka terhadap cinta.

6. Kekuatan untuk membebaskan

Kalau Anda mencintai sesuatu, biarkan dia bebas…, walaupun itu dalam hubungan cinta sekalipun, kebanyakan orang membutuhkan ruang geraknya sendiri. Kalau kita ingin belajar mencintai, pertama-tama yang harus kita lakukan adalah belajar memaafkan dan melepaskan semua rasa sakit dan kesedihan masa lalu. Cinta berarti melepaskan kekhawatiran, ego dan kondisi.

7. Kekuatan komunikasi

Mencintai seseorang berarti berkomunikasi dengan mereka. Biarlah orang yang Anda cintai tahu bahwa Anda mencintai, menghargai dan mempedulikan mereka. Jangan pernah merasa takut mengatakan “Saya mencintaimu.” Jangan biarkan kesempatan yang ada terlewat begitu saja tanpa pujian dan memberikan penghargaan pada seseorang. Selalu tinggalkan orang yang Anda cintai setelah Anda memberikan kata-kata cinta…, mungkin saja itu merupakan kali terakhir Anda berjumpa dengannya.

8. Kekuatan komitmen

Kalau Anda ingin penuh  dilimpahi cinta, Anda harus punya ketatapan hati untuk menjalankan komitmen yang telah Anda buat. Komitmen adalah alat penguji cinta yang sesungguhnya. Kalau Anda menginginkan hubungan yang penuh dengan cinta, Anda harus punya komitmen pada hubungan penuh yang cinta pula. Kalau Anda punya komitmen pada sesuatu, berhenti bukan merupakan suatu pilihan. Komitmen membedakan antara hubungan yang rapuh dan hubungan yang kuat, penuh gairah dan penuh cinta.

9. Kekuatan keinginan yang besar

Hasrat akan memicu cinta dan membuatnya tetap hidup. Hasrat yang abadi tidak datang dari daya tarik jasmani saja. Itu berasal dari komitmen, antusiasme, minat, kegembiraan hati dan keinginan yang besar untuk melayani. Inti dari cinta dan kebahagiaan itu sama, yang perlu kita lakukan adalah setiap hari hidup dengan penuh gairah.

10. Kekuatan kepercayaan

Anda tidak dapat mencintai seseorang dengan sepenuhnya kecuali kalau Anda juga mempercayainya sepenuhnya. Bertindaklah seolah-olah hubungan Anda dengan orang yang Anda cintai tidak akan pernah berakhir. Percayailah diri Anda, percayailah orang lain dan percayailah dunia. Ini adalah dasar dari cinta.

Inilah sepuluh rahasia cinta yang utama. Saya berharap ada cinta yang membara dalam hati Anda semua, karena dengan cinta yang semacam itu, Anda dapat merubah lingkungan Anda, masyarakat Anda, bahkan merubah dunia.

———-


Iklan

One comment on “Rahasia Cinta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s