Latihan Merasakan Cinta

LATIHAN SEDERHANA MERASAKAN CINTA

Disarikan dari buku Getting There with Grace; bagian I, karya Lisa Marie Coffey (mp 31).

Kita tak mungkin tersesat, karena kita dicintai
Hilangkanlah cinta dan bumi kita akan seperti kuburan.

-Robert Browning

Segala sesuatu diawali dengan cinta, tanpa kecuali perjalanan spiritual kita juga. Cinta memberi arti bagi kehidupan, merupakan kekuatan luarbiasa yang menggemparkan jagad raya. Dia merupakan kekuatan yang dapat merubah dan menyelamatkan kehidupan. Dia benar-benar bisa membuat dunia berputar!

Kita bisa, satu demi satu, membangun sebuah dunia yang damai dan menyenangkan dengan memulainya dari diri kita sendiri. Cinta itu memancar. Dia berawal dari diri kita masing-masing dan menyentuh semua orang yang ada dalam kehidupan kita, mengembang ke rumah dan keluarga kita, kepada orang yang berbisnis dengan kita, dan bahkan dengan orang yang berpapasan dengan kita di jalan.

Pertama, pahamilah bahwa hanya ada satu cinta. Tentu saja orang cenderung memilah-milah cinta: cinta romantis, cinta persahabatan, cinta persaudaraan. Tetapi cinta ya cinta. Istilah cinta “tanpa pamrih” sering kali disebut-sebut, walau sebenarnya itu tidak perlu. Itu berlebihan. Tentu saja cinta sejati tanpa pamrih. Dia hadir tanpa mengharapkan sesuatu atau menginginkan kondisi tertentu: dia bebas, riang-gembira, dan begitu saja. Cinta terasa nyaman; terasa benar. Dia tidak menimbulkan pertanyaan atau keraguan.

Pada hari ini, sudah mulai berlangsung hari esok.
-Samuel Taylor Coleridge

Ingatkah Anda saat pertama kali seseorang mengatakan kepada Anda “rangkaian tiga kata” itu? Kita semua tahu bahwa itu adalah: Aku cinta kamu. I Love You. Tidak ada yang lebih bermakna atau lebih puitis dari itu. Kenang perasaan yang muncul ketika Anda mendengar itu. Betapa menyenangkan ketika seseorang menyatakan bahwa masakan Anda begitu lezat, karena Anda membuatnya dengan cinta.
Sifat dasar cinta adalah: semakin banyak Anda berikan, semakin banyak persediaan cinta yang bisa Anda berikan. Tersedia cinta tanpa batas di alam raya ini. Jangan takut kehabisan!

Mulailah dengan sadar membuat keputusan untuk memilih cinta. Maka tidak lama kemudian Anda akan mulai hidup dalam cinta. Perasaan “jatuh cinta” itulah yang dinamakan mencintai. Itu adalah perasaan yang indah, dan itu milik kita untuk kita berikan. Cinta tidak terikat kepada seseorang, atau situasi tertentu. Kalau kita ingin merasakan cinta, kita perlu mengekspresikan cinta. Dan cinta itu bisa untuk siapa saja atau apa saja. ketika kita merasakan cinta, kita merasakan hubungan kita dengan Tuhan. Maka ekspresikanlah cinta, dan ekspresikan itu setiap saat dan setiap ada kesempatan.

Keluarga darimana Anda berasal tidak sepenting keluarga yang akan Anda punyai.
-Ring Lardner.

Banyak dari kita yang berasal dari keluarga di mana mengekspresikan cinta bukan merupakan prioritas. Kita merasa sakit hati oleh pengalaman masa lalu dan boleh jadi membuat keputusan berdasarkan bagaimana kita menterjemahkan akibatnya pada kehidupan kita. Kuncinya terletak pada bagaimana kita menterjemahkan itu semua. Kita bisa membiarkan masa lalu membebani kita dan mengulang kesalahan yang menyebabkan ketidak bahagiaan. Atau kita dapat memilih cinta. Kita bisa memilih belajar dari masa lalu dan menciptakan masa kini dan masa depan bagi diri kita sendiri maupun keluarga kita yang mewakili kehidupan yang sungguh kita inginkan. Dengan mengekspresikan cinta, kita menciptakan lingkungan yang lebih menyenangkan di mana kita belajar bertumbuh.

Sumber alami utama yang dapat dimiliki setiap negara adalah anak-anak mereka.
– Danny Kaye.

Hukum cinta dapat dimengerti dan dipelajari dengan sebaik-baiknya dari anak-anak.
– Mahatma Gandhi.

Kita bisa banyak belajar mencintai dari anak-anak. Anak kecil tidak terlalu membeda-bedakan ketika mereka harus memilih teman. Setiap anak yang bersedia merupakan teman bermain yang potensial bagi yang lain. Itu semua adalah masalah cinta dalam bentuk kegembiraan dan bermain. Kakek dan nenek paham betapa anak-anak dapat menjadi guru yang baik. Mereka mengamati anak-anak bermain dengan cara yang berbeda dengan yang dilakukan orang tua mereka dahulu. Mereka tahu untuk apa seorang anak bertumbuh dan menemukan jalannya di dunia ini. Cobalah melihat anak-anak Anda melalui mata kakek-nenek mereka. Lihat bagaimana anak-anak memanifestasikan cinta.

Cinta berawal dari diri kita sendiri, kemudian menyebar ke keluarga yang kita bentuk. Satu demi satu, kita bisa membawa damai ke dunia dengan cara membawa cinta yang sama seperti yang dilakukan oleh anak-anak. Kita bisa memulai dengan cinta, seluruh masyarakat membentuk kota, propinsi dan bangsa dengan berlandaskan pada cinta.

Dalam cinta tidak ada rasa takut, sebaliknya cinta yang sempurna mengusir rasa takut.
-Johanes

Kalau tidak ada cinta, muncul rasa takut. Dan di sana bukanlah tempat yang menyenangkan. Di sini penilaian kita terganggu, dan kita bertindak secara tidak rasional. Ketika kita berada di jalur spiritual, kita tahu bahwa kita selalu diberi pilihan: antara rasa takut dan cinta. Di persimpangan jalan ini, hasil terbaik akan kita dapatkan ketika kita memilih cinta. Kadang hal ini sulit dilakukan, namun ketika kita masuk ke hati kita, tak ada pilihan lain selain cinta.

Jadi, satu-satunya jalan adalah mengekspresikan cinta. Begiti banyak cara yang bisa dilakukan, dan untuk itu setiap saat kita diberi kesempatan. Ada kalanya itu mudah dilakukan – ketika menggendong anak yang baru dilahirkan, misalnya. Saat yang lain penuh tantangan, seperti ketika anak yang sekarang meningkat remaja melawan dan pulang dengan nilai yang jelek. Di saat penuh tantangan seperti ini, yang terbaik adalah menghadapinya dari pusat sanubari, dan menghadapinya dengan cara yang tepat. Itu tidak berarti kita memanjakan atau mengabaikan tabiatnya, tetapi mencintai anak itu dan bekerja bersamanya merubah tabiat itu.

Dengan dua anak laki-laki, dapat Anda bayangkan betapa sering kita harus menekankan bagaimana berperilaku baik dalam rumah. Karena sekarang mereka sudah semakin besar dan dapat memahami betapa pentingnya menampilkan kesan yang baik pada teman wanita yang ditaksirnya, pelajaran itu sekarang menjadi lebih relevan buat mereka. Anak-anak paham, saya mengajari mereka karena saya mencintai mereka dan ingin membantu mereka.

Seminggu penuh kedepan, saya ingin Anda membuat komitmen untuk secara sadar hidup dalam cinta. Setiap hari Anda akan diminta untuk memusatkan diri pada salah saru aspek di jalur cinta. Sekarang tibalah saatnya kita melakukan langkah pertama:

Minggu: Rumah

Jangan pernah lupa: Cinta berawal di rumah.
-Ibu Teresa

Tinggallah seharian di rumah. Gunakan hari ini untuk “mengeram.” Rumah Anda adalah tempat Anda berlindung. Hargailah, cintailah. Jagalah agar tetap bersih dan rapi. Hari ini sediakan waktu bagi setiap ruangan. Pastikan ruangan itu mencerminkan diri Anda, dengan warna dan benda yang Anda sukai. Rapikan semuanya, seolah-olah ada tamu penting yang hendak berkunjung.

Rasakan energi di tempat tinggal Anda. Kalau hari ini panas, bukalah jendela dan biarkan udara segar masuk. Kalau hari ini dingin, nyalakan pendiangan atau beberapa lilin. cari tempat khusus di mana Anda dapat bermeditasi -dan membiasakan diri bermeditasi setiap hari. Sediakan makanan yang disiapkan di dapur Anda sendiri. Nikmatilah suasana rumah Anda.

SENIN: Keluarga

Keluarga adalah karya alam yang gemilang.
-George Santayana

Hari ini saya ingin Anda memfokuskan diri pada keluarga Anda. Setiap anggota keluarga memberikan sumbangan kepada keseluruhan. Lakukan bagian Anda. Hadirlah. Cari apa yang dibutuhkan anggota keluarga Anda dan lakukan apa yang dapat Anda bantu. Mungkin orang tua atau kakek dan nenek Anda perlu diantar ke pasar, atau mau menyuruh Anda membeli sesuatu. Mungkin seorang anak perlu bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan rumahnya atau berlatih tanding basket. Barangkali pasangan Anda akan menghargai garukan di punggung atau kalau Anda menjemputnya di kantor. Hari ini sebaiknya Anda menjadi sedemikian bijak, penuh perhatian dan penuh cinta.

SELASA: Binatang

Semua binatang kecuali manusia tahu bahwa yang terpenting dalam kehidupan ini adalah menikmatinya.
-Samuel Butler

Hari ini, sediakanlah waktu bagi binatang. Kalau Anda punya binatang kesayangan, hal ini mudah saja dilakukan. Bawa anjing Anda berjalan-jalan atau sikatlah bulunya dengan penuh kasih sayang. Bermainlah dengan kucing Anda, seperti ketika dia masih kecil. Lihatlah betapa makhluk ini demikian bebas dan dengan penuh kesedian memberikan cinta. Belajarlah dari mereka. Cumbu mereka, peluk mereka, cintailah mereka.

Kalau Anda tidak punya binatang peliharaan, pergilah ke taman dan perhatikanlah orang lain bermain dengan binatang kesayangan mereka. Coba merasakannya sebagai anugerah ketika makhluk-makhluk kecil ini demikian penuh dengan cinta dan energi. Atau Anda bisa pergi ke kebun binatang dan habiskan waktu mengamati berbagai jenis binatang yang hidup di sana. Barang kali Anda lebih suka pergi mengamati burung atau mengunjungi pusat penjualan ikan tropis. Setiap binatang mempunya hadiah untuk diberikan, jadi lihat apakah Anda dapat menemukannya hari ini.

RABU: Persahabatan

Teman: Mereka yang tahu semua tentang Anda dan mencintai Anda apa adanya.
-Elbert Hubbard

Persahabatan, seperti juga semua pergaulan, perlu dipelihara. Anda tidak perlu menunggu kesempatan khusus untuk menunjukkan pada seorang teman bahwa Anda sangat menghargai kehadirannya dalam kehidupan Anda. Hari ini, hargailah pencapaian dan keberhasilan sahabat Anda. Lakukan sesuatu untuk menyenangkan dan menambah rasa sejahteranya.

Buatlah daftar kebaikan teman-teman Anda yang sangat Anda hargai, lakukan itu dengan tulus! Lakukanlah hal yang Anda ingin mereka lakukan pada Anda. Ingatlah hari ulang tahun dan peristiwa penting mereka. Beli beberapa kartu ucapan dan selipkan pada buku agenda Anda, siap dikirimkan sebelum hari bersejarah itu tiba. Ingat apa yang merekasukai dan mereka butuhkan. Sebagai contoh, sediakan teh kesukaan teman Anda itu ketika dia datang berkunjung ke rumah Anda.

Ingatlah bahwa setiap orang yang Anda jumpai adalah teman baru Anda yang potensial. Perkenalkan diri Anda pada seseorang yang baru Anda jumpai.

KAMIS: Perhatian

Mendengarkan, dengan sungguh-sungguh, adalah bentuk sanjungan paling tulus.
-Joyce Brothers

Hari ini, berikan perhatian kepada apa yang Anda kerjakan dan kepada orang yang bersama Anda. Yang dimaksud di sini adalah perhatian penuh yang tak terbagi-bagi. Ini merupakan sebuah tantangan dalam dunia kita yang sibuk, tetapi itu pasti bisa Anda lakukan. ketika seseorang berbicara kepada Anda, dengarkan. Pandanglah mata orang yang sedang berbicara pada Anda itu, berikan perhatian. Ada banyak hal yang berlangsung di sini melebihi sekedar kata-kata. Seperti apa mereka nampaknya? Seperti apa rasanya?

Apapun yang Anda lakukan, berikan perhatian sepenuhnya pada tugas itu. Kalau Anda sedang mengemudi, perhatikan jalan, kondisinya, mobil yang lain. Pusatkan perhatian Anda pada mengemudi. Jadikan pengalaman ini seperti layaknya pertama kali Anda mengemudikan mobil. Sadarilah bahwa mobil ini dapat membawa Anda ke manapun Anda suka. Ketika Anda mencuci piring, rasakan suhu airnya, berniatlah melakukan pekerjaan dengan baik, beradalah pada momen saat itu. Hari ini perhatikanlah, apa yang terjadi di seputar Anda dan apa yang terjadi pada diri Anda. Apa yang Anda rasakan?

JUMAT: Kasih sayang

Anda harus mencintai Anak-anak Anda tanpa mementingkan diri sendiri. Itu memang berat, namun itu adalah satu-satunya cara.
-Barbara Bush

Jadikan hari ini sebagai awal baru Anda menunjukkan kasih-sayang. Beri anggota keluarga Anda maupun teman dekat Anda rangkulan. Sentuhan (sebatas lingkup sopan santun) akan menghancurkan penghalang dan menjadikan kita lebih dekat. Kita tentu merasa nyaman kalau ada orang lain menunjukkan bela-rasa kepada kita. berikan jabat-tangan kepada orang yang sedang bekerja atau tepukan di punggungnya. Pada zaman dahulu, orang melakukan jabat tangan untuk menunjukkan bahwa mereka tidak membawa senjata. Saat ini jabat tangan menunjukkan penerimaan dan persahabatan. Kita semua membutuhkan ucapan selamat, pengakuan. berikan tepukan di punggung; dengan sungguh-sungguh, dengan bebas, tersenyumlah! Dan sudah keharusan, bila seseorang tersenyum pada Anda, balaslah dengan senyuman pula. Tunjukkan penghargaan pada kebaikan seseorang. Bila Anda memperoleh pelayanan yang baik di sebuah restoran, tinggalkan tip yang memadai. Bermurah-hatilah. kalau seorang rekan kerja Anda dalam sebuah proyek sangat membantu Anda, laporkan hal itu pada boss Anda.

Tunjukkan rasa terimakasih Anda. Tidak cukup hanya dengan mengatakan “terima kasih”saja. Cara yang paling benar untuk menunjukkan rasa terimakasih adalah dengan tertulis. Sediakan waktu khusus untuk menuliskan pesan terimakasih atau membalas kebaikan dengan sikap yang bijak. hari ini tunjukkan kasih-sayang dan rasa syukur Anda atas kebaikan yang telah Anda terima dalam hidup ini.

SABTU: Waktu

Saat ini, seperti saat yang lain, adalah saat yang sangat baik, kalau saja kita tahu cara memanfaatkannya.
-Ralph Waldo Emerson

Hari ini, sediakanlah waktu untuk bersama orang yang Anda sayangi. Buatlah jadual dan rencanakan berapa lama waktu yang Anda gunakan untuk bersama dengan orang yang Anda sayangi. Kemungkinannya adalah: waktunya tidak cukup. Cari waktu, sediakan waktu. Tentu, banyak teman Anda yang tinggal jauh, dan sungguh sulit untuk mengunjunginya secara pribadi, tetapi apa sulitnya menelpon? Keluarkan buku alamat Anda dan telponlah seseorang yang rasanya sudah cukup lama tidak berbincang dengan Anda. Biarlah dia tahu bahwa Anda memperhatikannya. Sekarang keluarkan buku agenda Anda dan tandai waktu untuk pergi makan siang bersama teman-teman Anda, undang mereka ke pesta, mengunjungi rumah baru seorang teman. Kemudian buatlah perjanjian. Menghabiskan waktu bersama orang yang Anda sayangi adalah saat yang sangat berharga.

Minggu ini kita telah mempelajari bahwa CINTA adalah di saat kita mulai, dan itu juga adalah saat di mana kita akan mengakhirinya. Cinta yang kita letakkan dalam rumah kita, dan yang kita bagikan kepada teman-teman, kerabat dan binatang piaraan kita, membantu mengajar kita akan pentingnya perhatian, kasih-sayang dan waktu. Semua ini, kemampuan ini, sepanjang perjalanan akan kita memanfaatkan. Sekarang mari kita lihat apakah kita bisa berusaha sedikit lebih jauh, ke kawasan yang tidak begitu kita kenal…..

———-

One comment on “Latihan Merasakan Cinta

  1. Sy bersyukur βιsα membaca artikel īπī , alangkah bahagianya sy jika artikel2 ϑαŗī blog īπī βιsα sy muat ϑī blok sy……trimakasih,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s