Manfaat Makanan Mentah

10 Manfaat Mengkonsumsi Makanan Mentah
Oleh: Susan Jorg, Estacada, OR.

Sudah sejak lama umat manusia berpendapat bahwa memasak makanan sebelum mengkonsumsinya akan melindungi mereka dari penyakit tertentu. Sejak saat itu kebiasaan memasak terus berkembang dan memasukkan hampir semua jenis makanan dan bahkan sekarang sudah dianggap sebagai sebuah seni. Sangat sedikit makanan dikonsumsi bersamaan dengan elemen mentah, kecuali daun salad hijau. 

Salah satu manfaat dari diet makanan mentah adalah bahwa diet ini menuntun kita memusatkan diri pada kehendak alam. Ketika saya bicara makanan mentah, yang saya maksud adalah buah, kacang-kacangan dan sayuran, yang bagi kebanyakan orang terasa enak rasanya, dengan kesederhanaannya yang mendasar, langsung dari pohon, semak, ataupun kebun.

Saya sadari tidaklah mudah melupakan tradisi ribuan tahun dan 100% kembali ke makanan mentah. Margaret Mead suatu ketika berkata: “Lebih mudah merubah agama manusia daripada merubah dietnya.” Diet yang dimaksudkan adalah: ada 10 manfaat mengkonsumsi buah, sayuran dan kacang-kacangan yang segar, yang bisa membawa Anda memberikan porsi yang lebih besar pada makanan mentah dalam diet Anda.

  1. Makanan mentah bermutu lebih baik, karena itu Anda hanya perlu memakannya sedikit untuk bisa memuaskan kebutuhan nutrisi Anda. Panas api menguras vitamin, merusak protein dan lemak, serta merusak enzyme yang dibutuhkan sistem pencernaan. Ketika persentasi makanan mentah meningkat, Anda akan merasa lengkap dan punya lebih banyak energi dengan mengkonsumsi lebih sedikit makanan karena makanan mentah mempunyai keseimbangan air, nutrisi dan serat yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.
  2. Makanan mentah lebih bercita-rasa, lebih enak dibandingkan makanan yang dimasak, oleh sebab itu Anda tidak perlu menambahkan garam, gula, bumbu, atau penyedap lain yang dapat mengganggu sistem pencernaan Anda atau terlalu merangsang organ lain.
  3. Menyiapkan makanan mentah sangat mudah sehingga Anda hanya perlu sebentar saja di dapur. Bahkan anak berumur 5 atau 6 tahun dapat menyiapkan sendiri hampir semua sarapannya, makan siang ataupun makan malamnya. Ini akan memberikan rasa percaya diri dan kemandirian pada anak Anda, dan dengan demikian bisa memberikan istirahat pada ibu dan ayah mereka.
  4. Ketika Anda makan makanan mentah, hanya ada sedikit sekali bahaya kebakaran, kecuali kalau Anda tinggal di tengah hutan kering yang terbakar atau terlalu lama di bawah terik matahari. Tak ada lidah, langit-langit mulut, atau jari yang kepanasan, dan kebakaran rumah akan sangat berkurang.
  5. Membereskan peralatan masak dan perlengkapan makan setelah mengkonsumsi makanan mentah sangat mudah dan cepat. Tak ada sisa minyak atau kerak. Dan semua peralatan bisa langsung dibilas.
  6. Mengkonsumsi makanan mentah dapat menyembuhkan atau menghentikan meningkatnya penyakit kronis, termasuk sakit jantung dan kanker. Ingat, memasak menciptakan radikal bebas, yang merupakan penyebab utama timbulnya kanker. Ketika Anda menurunkan jumlah radikal bebas yang membombardir sel-sel Anda, berarti Anda menurunkan kemungkinan terjangkit penyakit kanker.
  7. Diet makanan mentah dapat melindungi Anda dari penyakit akut seperti demam, flu, cacar air dan sebagainya. Makanan mentah membuat tubuh tetap sehat dan tubuh yang sehat tidak mudah terkena penyakit.
  8. Selama Anda mengkombinasikan makanan mentah dengan benar sesuai peraturan higiena alami, Anda akan segera mencapai tingkat di mana Anda tidak lagi menderita mual, kembung, salah cerna ataupun sembelit.
  9. Ini juga berkaitan juga dengan lingkungan hidup. Bila umat manusia mengkonsumsi makanan mentah, industri makanan akan tutup dan beralih ke perkebunan organik. Ini akan menghemat sumber daya alami yang luar biasa, terutama guna menghasilkan daya listrik untuk menjalankan industri tadi. Tenaga nuklir jelas tidak diperlukan lagi. Coba pikir betapa banyak pohon dan cadangan minyak yang dapat dihemat tanpa perlu menggunakan kertas atau plastik seperti yang dibutuhkan makanan yang diproses. Juga akan lebih sedikit karbon dioksida yang terlepas ke atmosfir bila semua masak memasak berhenti dan lebih banyak oksigen yang dihasilkan oleh perkebunan buah-buahan dan kebun yang baru, ini akan menghentikan efek rumah kaca.
  10. Mengkonsumsi makanan mentah menghemat belanja makanan Anda, vitamin, piring, mangkuk dan panci, peralatan dapur, biaya rumah sakit, obat-obatan dan asuransi kesehatan.

Maka, jangan sia-siakan makanan Anda, diri Anda, dan planet kita dengan memasak apa yang akan kita makan. Buah, kacang-kacangan dan sayuran yang lengkap, segar dan mentah penuh limpahan kehidupan dan punya kemampuan memancarkan daya hidupnya langsung ke Anda.

———-

4 comments on “Manfaat Makanan Mentah

  1. Andaikan semua orang belajar makanan yang mentah……alam kita akan semakin tertata baik.

    Kalau boleh tahu kacang-kacangan jenis apa yang bisa dimakan mentah?

  2. saya vegan dan sudah 2 th ini makan makanan mentah seperti tahu, mentimun, dan wortel,,, memang ssangat sehat dan segar,, tubuh jadi berasa baru terus tiap hari fit bgt,,, teteapi karena bayak juga jenis varian sayur yg tidak bisa di makan mentah maka saya makan dengan cara merebusnya dalam waktu yg tidak begitu lama,,, hanya saja klo tidak pandai2 bereksperimen asupan makanan tidak bisa terlalu bervariasi,,,, semangat untuk yg ingin mencoba makanan mentah terutama sayuran dan buah2an,,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s