Penawar Rasa Sedih


Oleh: Brian Cavanaugh, T.O.R., The Sower’s Seeds

Ada sebuah cerita China kuno yang mengisahkan tentang seorang wanita yang ditinggal mati anak satu-satunya. Dalam kesedihannya, dia menemui seorang yang dikenal sangat suci dan bertanya, “Doa macam apa, mantra jenis apa yang bapak miliki yang bisa menghidupkan anakku?”

Bukannya mengusirnya atau berdebat dengannya, dia berkata kepada wanita itu, “Coba carikan sebutir benih sawi yang berasal dari sebuah rumah yang tak pernah mengenal kesedihan. Kita akan menggunakannya untuk mengusir kesedihan dari kehidupanmu.”

Wanita itu segera pergi untuk mencari benih sawi ajaib itu. Mula-mula dia datang ke sebuah rumah mewah, mengetuk pintu, dan berkata, “Saya sedang mencari rumah yang tidak mengenal kesedihan. Apakah ini tempat yang tepat? Hal ini sangat penting bagiku.”

Mereka menjawab, “Kamu sudah pasti datang ketempat yang salah,” kata mereka sambil mengisahkan semua peristiwa tragis yang baru-bari ini menimpa mereka.

Wanita itu berkata pada dirinya sendiri, “Siapa lagi yang mampu menolong orang-orang malang ini, selain diriku yang telah mengalami sendiri kepedihan yang mendalam?” Maka dia tinggal sebentar untuk menghibur mereka, kemudian melanjutkan upaya mencari rumah yang tidak mengenal kesedihan. Namun ke manapun dia pergi, baik ke gubug atau ke rumah mewah, yang dia temukan selalu kisah-kisah sedih dan kemalangan. Dia jadi begitu terlibat dalam upaya menghibur kesedihan orang lain sampai akhirnya dia lupa tujuan utamanya mencari benih sawi ajaib itu, dia tidak pernah menyadari bahwa semua yang dilakukannya telah mengusir kesedihannya yang mendalam dari kehidupannya.

———-
Iklan

One comment on “Penawar Rasa Sedih

  1. masalahku..begini..perkawinan kami sudah berlngsung 15 thn selama itu pula aq selalu diliputi rasa sedih..bilamana suamiku pergi .sampai larut malam dan bila ia pulang sering berkata; kepadaku..bila kamu tak sangup lg jd istri bilang ..atau kdng ia berkata kepdaku.sy sudah punya cewe..disana..dan dia juga ringan tangan dan yg lebh sakit lagi bila ia mengungkap masa laluku yg bagiku itu sdh ku kubur dalm2 ..dan pedih rasanya sakit.bagai di iris pisau tp tak berdarah ..hai para pembaca..rubrik ini kumohon kiat2 apa yang harus ku temph dalm menghadapi permasalahan ku ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s