Amankah Piring Melamin?

Amankah Menggunakan Piring Melamin?

Oleh: Lynne Murray. April 14, 2010

Meskipun tahan pecah, piring melamin perlu penanganan secara hati-hati.

Piring melamin dibuat dengan mencampur senyawa urea organik dengan formaldehida, memanaskan campuran ini dan mencetaknya. Sangat tahan lama dan tahan pecah, namun piring melamin akan melepaskan racun bila terkena makanan asam atau panas tinggi, seperti misalnya oven microwave.

.

Fitur

Piring yang cukup ringan ini terbuat dari resin melamin, juga disebut sebagai plastik termoset, tetap stabil ketika terkena panas sedang. Pada suhu yang lebih tinggi, bagaimanapun, piring melamin bisa mulai sedikit terurai dan melepaskan zat kimia beracun.

.

Sejarah

Kandungan racun dalam melamin memenuhi pemberitaan nasional maupun internasional ketika US Food and Drug Administration menarik beberapa makanan hewan peliharaan dari peredaran setelah ada laporan menyatakan bahwa beberapa hewan peliharaan, terutama anjing dan kucing keracunan dan mati akibat mengkonsumsi makanan yang mengandung bahan tambahan yang murah untuk menekan harga.

Tak lama kemudian, muncul berita tentang melamin dalam susu formula, menghasilkan bola salju dalam liputan media dan mengupas lebih dalam tentang bahaya melamin.

.

Peringatan

Toksikologi Nasional Amerika menemukan sejumlah besar melamin dan formaldehid yang meresap dalam makan, terutama ketika melamin berkontak dengan makanan yang panas ataupun yang asam.

.

Piring anak-anak

Jika orang tua tidak bisa menghindarkan diri peralatan makan anak-anak yang terbuat dari melamin, mereka perlu sangat hati-hati ketika menggunakanya.

.

Pencegahan / Solusi

Piring melamin tidak boleh di panaskan dalam microwave, direbus, dicuci dalam air yang sangat panas atau digunakan untuk menghidangkan makanan panas atau asam.

.

Pertimbangkan

Di Amerika Serikat, FDA belum mengakui adanya bahaya dari peralatan makan melamin, tetapi setidaknya satu kota di Uni Emirat Arab (UEA) telah menjadikan piring ini ilegal.

Salah Amiri, Direktur Pusat Laboratorium Dubai, telah melarang impor dan penjualan peralatan makan melamin dan mendesak emirat lain melakukan hal yang sama, dia menyatakan bahwa piring melamin tidak sesuai dengan standar keselamatan UEA.

♥♥

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s