An Inconvenient Truth

KENYATAAN YANG TIDAK MENYENANGKAN
Oleh : Bernard Prasodjo

Ternyata sejak awal Mei 2008 yang lalu, Yayasan Prana-Nasional Indonesia, karena kepeduliannya terhadap penanggulangan perubahan iklim dan pemanasan global, telah mengirimkan puluhan keping DVD ke semua perwakilan YPI serta komunitas-komunitas lainnya.

DVD itu berjudul An Inconvenient Truth, atau Kenyataan yang tidak Menyenangkan, dalam DVD itu Al Gore, mantan wakil presiden Amerika serikat memaparkan keadaan dunia saat ini, yang sudah demikian mengkhawatirkan, penjelasannya sangat menarik, jelas dan menyentuh nurani dan menggugah kepedulian kita. Bersama DVD itu disertakan juga surat edaran ketua YPI.

Sebenarnya ada beberapa DVD yang mengetengahkan mengenai Pemanasan Global dan Perubahan iklim ada di pasaran, seperti misalnya The 11th Hour yang diproduksi oleh Leonardo Dicaprio (ingat film Titanic?), yang lebih menayangkan wawancara dengan para ahli, dengan gambar-gambar yang luarbiasa, kemudian ada Earth produksi BBC, mengisahkan tentang perjalanan air dari hulu ke hilir yang penuh gangguan, perjalanan migrasi hewan-hewan besar dan ‘keluarga beruang kutub’ yang penuh tantangan karena perubahan iklim, lalu ada lagi Earth Report produksi National Geography mengetengahkan ‘kabar baik’ dan ‘kabar buruk’ Perubahan Iklim. Tetapi YPI memilih An Inconvenient Thruth karena isinya lebih lengkap, lebih jelas, lebih menggugah dan lebih mudah diikuti. YPI membeli puluhan DVD ini dan segera mengirimkannya ke perwakilan-perwakilan YPI dan banyak komunitas lain yang di anggap mempunyai kepedulian terhadap keadaan bumi kita ini, dengan menyertakan secarik surat di dalamnya.

Isi surat ederan itu:

Salam Prana!!
Rekan-rekan sekalian, seperti yang sudah dibahas dalam MediaPrana edisi 38 yang baru saja terbit, Pemanasan Global memang merupakan hal sangat penting yang harus segera ditanggulangi bersama. Kita sebagai Penyembuh Prana sebaiknya memahami masalah ini dengan cukup mendalam dan berperanserta secara aktif mempromosikannya ke khalayak, terutama kepada komunitas Prana di seluruh Indonesia, pemahaman mengenai Pemanasan Global, apa penyebabnya serta bagaimana cara menanggulanginya.
Untuk itu kami menyertakan sekeping DVD yang menggugah nurani tentang masalah Pemanasan Global ini: An Inconvenient Truth, atau Kenyataan yang Tidak Menyenangkan, dengan pilihan teks bahasa Indonesia. Dalam DVD ini Al Gore, mantan wakil presiden Amerika Serikat menjelaskan dengan gamblang dan menarik perihal Pemanasan Global ini. Untuk kegiatannya yang tanpa henti seperti ini dia menerima hadiah Nobel Perdamaian dan dua piala Oscar.
Kami harap rekan-rekan di semua perwakilan YPI mengadakan acara “nonton bareng” bersama rekan Penyembuh Prana di tempat Anda dan mengajak komunitas-komunitas lain, atau mengedarkan DVD ini agar disaksikan bergantian di rumah masing-masing.

“Bukan bumi yang perlu dilestarikan, bumi cukup perkasa untuk bisa bertahan. Umat Manusialah yang perlu dilestarikan, karena manusia tidak akan mampu bertahan.”

Karenanya mari kita mulai! Awali kepedulian kita dari lingkungan kecil kita sendiri.

Terimakasih!

Kesan-kesan dari berbagai daerah

  • Sangat memprihatinkan, dan kita bertanggungjawab mengurangi bencana ini. BA.
  • Saya bangga pada YPI, yang tidak hanya berkutat dengan urusannya sendiri, tapi mau mempromosikan hal-hal seperti Pemanasan Global ini, sehingga kita-kita yang dulunya tidak tahu jadi terpana, untuk kemudian menjadi paham. DY.
  • Setuju sekali, bonus produksi karyawan saya beri pohon buah, maklum kebanyakan mereka dari desa, baru-baru ini saya bagikan 3000 pohon lagi. Kita harus langsung berbuat. PA.
  • Terimakasih DVD-nya, kami sudah nonton bareng, kebanyakan dari kami terkejut, baru tahu bahwa keadaannya separah itu, walau prihatin, kita harus optimis dan ikut bertindak. EH.
  • DVD-nya sangat berguna pak, kami juga mem-photocopy artikel mengenai Pemanasan Global di MediaPrana, kami akan membeli dan mengedarkan film itu ke kelompok-kelompok lain, kami usahakan kesekolahan juga. KH.
  • Menghemat energi, menghemat air, mengurangi polusi, melakukan penghijauan. Apa lagi yang bisa dilakukan? Kita memang harus ikut ambil bagian. MS.

Harapan

YPI menyebarkan DVD ini dengan harapan agar lebih banyak lagi manusia sadar lingkungan yang bersedia bekerja demi kelestarian alam, baik secara langsung maupun dengan menyebarkan informasi tentang hal ini, sehingga dari situ diharapkan akan muncul tenaga berjiwa muda yang enerjik, kreatif, penuh idealisme yang mau berkecimpung dan bekerja tanpa pamrih dalam menanggulangi Pemanasan Global ataupun Perubahan Iklim.

———-

Iklan

2 comments on “An Inconvenient Truth

    • Kalau di Cimahi atau Bandung saya tidak tahu, kalau di Jakarta ada di toko resmi di Mall Ambassador, Ratu Plaza atau Hayamwuruk Plaza, kalau bajakannya banyak, tapi akan lebih baik kalau beli aslinya saja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s