Menghentikan Pemanasan

BAGAIMANA KITA BISA MEMBANTU MENGHENTIKAN PEMANASAN GLOBAL?

Oleh: Meg Greenly

Banyak orang yang menganggap diri sebagai penduduk dunia yang bertanggung-jawab, yang ingin melakukan apa yang bisa dilakukannya untuk membantu melestarikan lingkungan, yang saat ini sering kali bingung dan tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Mengapa? Karena mereka ingin mengambil bagian membantu mengontrol dan bahkan menghentikan Pemanasan Global sebelum terlambat! Masalahnya adalah, mereka tidak tahu apa yang harus mereka lakukan.

Tentu saja semua orang tahu cara memperoleh lampu hemat energi, namun, itu tidak cukup membantu menanggulangi masalah yang sedemikian besar. Anda juga dapat memperoleh mobil yang hemat energi. Tetapi apa yang dapat kita semua lakukan agar dapat benar-benar membantu? Salah satu hal yang dapat kita pertimbangkan adalah mempelajari bagaimana menciptakan energi terbarukan kita sendiri dengan cara-cara yang tidak mengakibatkan polusi. Ini baru masuk akal, bukankah demikian?

Kalau setiap orang melakukan hal ini, kita tidak lagi memerlukan ribuan anggota pasukan yang siap siaga menjaga kilang minyak dan tak perlu khawatir akan terjadinya pemindahan kekayaan negeri kita ke negara penghasil minyak.

Sudah sejak beberapa tahun lalu kita tahu bahwa tak lama lagi seluruh dunia akan kekurangan minyak. Para ahli nampaknya banyak yang tidak sependapat dan tidak tahu kapan tepatnya minyak akan habis. Berdasarkan apa yang dikatakan para peneliti terbaik di dunia ini, misalnya Tom Hartmann, penulis buku laris berjudul “The Last Hours Of Ancient Sunlight”, itu akan terjadi di suatu saat di seputar tahun 2030, itu berarti hanya 22 tahun lagi.

Apa yang dapat kita lakukan bila hal itu terjadi?

Yang pasti, kita harus mengubah sebagian besar kebiasaan dan peri-laku kita berkenaan dengan apa sesungguhnya yang terpenting bagi kita. Nampaknya sudah demikian banyak bukti yang menunjukan bahwa itu memerlukan banyak upaya, satu jalan keluar tidak akan dapat mengatasi masalah besar ini. Jadi pertanyaannya adalah: apa yang dapat kita lakukan sebagai warga dunia yang peduli untuk membantu, jangan sampai kita malahan menjadi bagian dari masalah besar ini.

  • Hal terbaik yang dapat saya lihat adalah menjadi orang yang dapat memenuhi kebutuhan energi kita sendiri, dan tidak tergantung pada orang lain.
  • Mempunyai sistem energi kita sendiri dan bila mungkin menanam sebanyak mungkin bahan makanan kita.
  • Dapatkan sumber makanan yang benar-benar sehat, kalau bisa yang organik. Dorong kerabat kita untuk melakukan hal yang sama.

Bagamana orang biasa mampu mencukupi kebutuhan sendiri dan percaya pada diri sendiri? Jawabnya adalah:

  • Sedapat mungkin melestarikan alam.
  • Sebanyak mungkin endaur ulang.
  • Saya mendengar adanya laporan adanya orang yang mulai menggunakan alat tertentu sehingga dapat menggunakan air sebagai tambahan bahan bakar.
  • Ada teknologi baru bisa yang menghasilkan pembangkit listrik tenaga matahari dan angin yang lebih efisien, dengan harga terjangkau.
  • Juga, ada beberapa buku panduan luar-biasa yang menuntun kita membuat sendiri sistem energi kita.

———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s