g. Di mana Saja

Di mana saja, kapan saja. Kejujuran tidak memilih musim dan tempat.

Ajari anak-anak Anda apa arti menjadi orang yang punya etika, ketika Anda menunjukkan pada mereka, dengan perkataan dan perbuatan, bahwa kebenaran dan kejujuran harus dijalankan setiap saat, sepanjang waktu.

Setiap saat, karena perilaku sesaat bisa punya kekuatan untuk merubah segala sesuatu, setiap orang bisa bertanya, “Apakah aku bertindak benar?” Dan, pada saat yang sama, masing-masing orang punya kemampuan untuk berubah dan bertindak benar.

Ada kisah tentang seorang perdana menteri. Suatu ketika dia menandatangani perintah guna memindahkan satu resimen tentara dari satu tugas ke tugas yang lain.

Tetapi menteri pertahanannya, yakin bahwa sang perdana menteri membuat keputusan yang keliru, karenanya dia menolak melaksanakan perintah itu. Bahkan dia mengatakan bahwa perdana menteri itu bodoh.

Ketika perdana menteri mendengar laporan tentang kelakuan menteri pertahanannya, sang perdana menteri berkata, “Kalau dia mengatakan bahwa aku bodoh, maka tentu benar aku bodoh. Karena dia hampir selalu benar. Ku kira baik kalau aku pergi ke departemen pertahanan dan mendengar sendiri penjelasannya.” Sang perdana menteri benar-benar melakukannya. Menteri pertahanan dapat meyakinkan perdana menteri bahwa perintah yang dibuatnya keliru, dan dengan besar hati dia bersedia membatalkan keputusan itu.

Anda dapat mengajar anak-anak Anda bahwa kekuatan moral tidak hanya terletak pada penilaian yang baik dan benar, tetapi pada kemampuan mendengarkan dan mempelajari; pada kemampuan untuk mengkritisi diri sendiri; dan pada kemampuan mengetahui adanya kesalahan dan mau memperbaikinya.

Anda bisa mengajar anak-anak Anda bahwa pertimbangan moral terletak pada penegasan atas prinsip-prinsip yang dianut dan menjaga integritas, sementara itu, pada saat yang sama, tetap terbuka pada kearifan serta penafsiran baru.

Anda dapat mengajar anak-anak Anda bahwa kebesaran moral terletak pada kemampuan untuk menilai benar atau salah sebuah permintaan yang tidak sejalan dengan pendapat Anda, dan pada keberanian untuk mengatakan dengan sejujurnya, “ya” atau “tidak.”

Anda dapat mengajar anak-anak Anda definisi moralitas yang utama, kebenaran dan kejujuran: “Salah adalah salah, walaupun semua orang melakukannya. Benar adalah benar, walau tidak ada seorangpun yang melakukannya.”

———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s