c. Mereka Meniru Anda

Dalam keluarga, anak-anak dibesarkan dan belajar bagaimana nanti kalau mereka menjadi orang dewasa, dengan mencontoh tingkah-laku orang dewasa yang ada dalam kehidupan mereka.

Dalam keluarga, anak-anak Anda akan belajar; Pertama-tama, bagaimana mereka memperlakukan orang lain dengan cara mengamati bagaimana Anda memperlakukan orang lain.

Dan pelajaran yang paling berkesan tentu saja berasal dari bagaimana cara Anda memperlakukan mereka!!

Kalau Anda menolak anak-anak Anda karena mereka “cuma anak kecil,” atau kalau Anda mengabaikan mereka karena “anak-anak harus terlihat, tapi tidak untuk didengar,” mereka akan merasa diabaikan dan tidak dianggap penting. Kalau Anda memperhatikan mereka hanya sebagai “mesin untuk menghasilkan kebanggaan.”– Anda tahu, “dokter ini berumur tiga tahun dan pengacara itu dua tahun”– mereka akan mengukur nilai mereka dengan apa yang mereka lakukan, bukan siapa diri mereka.

Untuk memperlakukan masing-masing anak dan setiap manusia yang mereka jumpai dengan sopan dan bermartabat, anak-anak Anda perlu punya kepribadian yang kuat dan solid. Karena hanya orang yang menghargai dirinya sendiri dapat menghargai orang lain, dan hanya orang yang merasa dihormati bisa menghormati orang lain.

Jadi, kalau Anda terus menerus menunjukkan cinta pada anak-anak Anda dengan cara menghargai dan mendukung mereka, kalau Anda mendengarkan gagasan mereka dan menghargai perasaan mereka, mereka akan – dari lubuk hati mereka yang terdalam – merasa aman dan terjamin, berharga dan bernilai, dan layak dihormati.

Maka, mereka akan mampu menghargai dan menghormati orang lain. Seperti yang ditulis seorang penyair, “Apa yang dinyanyikan seorang ibu pada bayi dalam gendongan akan terus dikenang sampai ke liang kubur.”

Dan, dalam sebuah keluarga, dengan memperhatikan bagaimana orangtua mereka berperi-laku dan memperlakukan orang lain; sebagai pria dan wanita, sebagai suami dan isteri, sebagai kekasih, sebagai pasangan, sebagai teman, dan sebagai makhluk penuh cinta, anak-anak akan mengetahui kodrat mereka sendiri:jenis kelaminnya, peran mereka dalam kehidupan ini, kapasitas mereka di masyarakat, demi keakraban dan demi cinta.

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s