e. Pujilah Orang Lain

Memang sangat mudah melihat hal paling buruk pada diri orang lain, mencela dan menghakimi, memfitnah dan menghukum, menggosipkan dan mengarang cerita bohong.

Namun, jauh lebih baik kalau kita melihat hal yang terbaik dalam diri seseorang: mencari sifat baik dan menyatakan dukungan, memuji dan menghargai kebajikannya.

Daripada membiarkan anak-anak Anda mendengar Anda berkata kasar atau mengucapkan perkataan kotor tentang seseorang, lebih baik kalau ucapan Anda penuh dengan pujian, manis dan lembut.

Ketika Anda menolak menggunakan kata-kata menghina yang ditujukan kepada seseorang, kalau Anda menolak mengucapkan seloroh tentang etnis dan ras, anak-anak Anda akan tahu bahwa walaupun stereotip (menjadikan kelemahan seseorang sebagai bahan tertawaan) dan karikatur bisa menimbulkan gelak-tawa, tapi itu tidak lucu, karena itu mengecilkan dan merendahkan seseorang.

Kalau Anda terus-menerus menunjukkan kepada anak-anak Anda bahwa menghormati semua orang merupakan hal yang sangat penting bagi Anda, anak-anak Anda akan tahu bagaimana menghormati dan menghargai martabat dan nilai setiap orang.

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s