Kejahatan

Oleh: Paramahansa Yogananda (MP 13).

“Apa sebenarnya kejahatan itu?” tanya seorang murid.
“Kejahatan,” jawab Yogananda, “adalah tidak adanya kebahagiaan sejati. Itulah yang menyebabkan kejahatan. Kalau tidak, apakah dapat dikatakan bahwa harimau melakukan kejahatan ketika dia membunuh mangsanya?” Membunuh adalah kodrat harimau yang diberikan Tuhan kepadanya. Hukum alam sifatnya khusus.

“Kejahatan akan lenyap ketika seseorang mampu mencapai kebahagiaan batin. Segala sesuatu yang memisahkan kita dari tingkat keberadaan ilahi ini merupakan kejahatan, karena hal itu menjauhkan kesadaran kita dari diri kita yang seharusnya, dan dari apa yang sebenarnya kita inginkan dalam kehidupan ini.

“Oleh sebab itu perintah dalam kitab suci, kita harus selalu melawan nafsu, misalnya kesombongan. Perintah Allah diperuntukkan bagi kesejahteraan manusia, bukan untuk kepuasan Tuhan! Memperingatkan mereka yang tidak waspada, bahwa, walaupun sikap dan tindakan seperti itu pada mulanya nampak memuaskan, tetapi pada akhirnya siapapun yang mengejarnya tidak akan mencapai kebahagiaan, tetapi penderitaan.”

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s