1, 2, 3, 4, dan 5

Kalimat Pertama: Satu, Dua, Tiga, Empat dan Lima

SATU

Satu dari kalimat pertama, mengandung arti setiap hari minum satu gelas susu sapi (200 cc). Berguna untuk mencegah osteoporosis–keropos tulang, dengan keluhan sakit pinggang, lutut, bongkok dan mudah mengalami patah tulang.

Makanan yang biasa kita makan mengandung kurang lebih 500 mg calsium, dalam keadaan normal seseorang membutuhkan 800 mg calsium, jadi kita kekurangan 300 mg calsium.  Satu gelas susu sapi mengandung kurang lebih 300 mg calsium, ini dapat menutup kekurangan calsium yang kita butuhkan.

Ada beberapa pengamatan yang menyatakan bahwa pada kelompok anak yang mendapat susu sapi dan yang tidak ternyata perkembangannya sangat berbeda.

Anak dengan mendapat susu sapi akan lebih tinggi, kulit lebih halus, rambut berkilau dan ternyata lebih cerdas.

Susu sapi dapat diberikan menjelang tidur, dapat disertai dengan penambahan vitamin C (250 mg) dan 1 tablet vitamin B komplek, disamping pertumbuhan tubuh meningkat juag daya tahan terhadap infeksi meningkat.

Bagaimana bila tidak bisa atau tidak tahan dengan susu sapi?  Bisa diganti dengan yoghurt, atau susu kacang. Tetapi kandungan calsium susu kacang hanya separo susu sapi, jadi sebaiknya minum dua gelas susu kacang.

Bagaimana bila tidak melaksanakannya? Berarti sedang menyambut kedatangan penyakit, dan ini berlaku bagi siapapun tanpa pandang bulu. “Dihadapan hukum kesehatan setiap orang diperlakukan sama, siapa mentaati gaya hidup sehat maka akan selamat sepanjang hayat. bila menentang maka akan  menderita.”

.

DUA

“Dua” dari kalimat pertama, mengandung arti 200 gram sampai 350 gram karbohidrat utnuk setiap kali makan. Akan tetapi ini bukan merupakan harga mati, tergantung dari kebutuhan kalori sesuai dengan aktivitas berat ringannya pekerjaan.

Mengendalikan dan mengatur masukan karbohidrat adalah cara terbaik untuk mengendalikan berat badan. Salah satu cara untuk mengurangi konsumsi karbohidrat adalah sebelum makan nasi makanlah lebih dahulu sup. Sup akan menurunkan rangsangan ke pusat syaraf nafsu makan, dikatakan bahwa nafsu makan akan turun 30% dan makan nasi akan menjadi lebih pelan. Jadi jangan menyantap sup setelah makan nasi.

.

TIGA

“Tiga” dari kalimat pertama, mengandung arti 3 bagian protein tinggi (high protein). Protein tidak boleh terlampau banyak dan tidak boleh terlampau sedikit, kelebihan akan mengganggu pencernaan dan meningkatkan racun dalam usus, bila kekurangan dapat menyebabkan malnutrisi yang akan menurunkan daya pertahanan tubuh.

Jenis protein terbaik adalah protein hewani yang berasal dari ikan, menjaga kelenturan dinding pembuluh darah, mencegah stroke dan penyakit jantung koroner. Protein nabati yang baik adalah dari kacang kedelai, protein kedelai bukan hanya  merupakan healthy food akan tetapi bermanfaat sekali bagi wanita menopause, karena kacang-kacangan mengandung berbagai hormon yang meringankan komplikasi menopause wanita.

.

EMPAT

“Empat” dari kalimat pertama, artinya adalah “empat kalimat”, yaitu :

1. Ada roti, ada juga nasi

2. Tidak manis, juga tidak asin

3. Tiap hari bersantap tiga – empat kali

4. Tiap kali bersantap tidak lebih dari 70-80 % kenyang

Ingatlah selalu pada saat makan, asal mencapai 70-80% kenyang sudah cukup, nasehat ini penting sekali dan benar-benar dapat memperpanjang usia.

Ini termasuk salah satu metode yang disebut “low calory eating”, berhentilah makan sebelum kenyang.

Ada studi mengenai hal ini, satu kelompok monyet dibiarkan makan sekenyangnya, kelompok lain jatah makanan diberika hanya 70-80% nya. Hasilnya Kelompok makan kenyang dari dari 100 ekor selama 10 tahun mati 50 ekor dengan berbagaai penyakit obesitas, fatty liver, hypertensi dan jantung koroner. Kelompok kedua nampak tubuh langsing, sehat, semangat tinggi, jarang sakit, hanya mati 12 ekor selama 10 tahun..

Seorang pakar kesehatan menyarankan bahwa dalam era milenium baru ini, agar tetap sehat di anjurkan untuk pertama: tinggalkan meja makan saat anda masih merasa lapar, dan naiki tangga dengan berjalan kaki atau berlari pelan. Hal ini bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung koroner.

.

LIMA

“lima” dalam kalimat pertama, artinya 500 gram sayur dan buah-buahan. Hal ini penting untuk mencegah timbulnya kanker, dikatakan bahwa buah dan sayur dapat mencegah 50% timbulnya kanker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s