Akibat Pemanasan Global 2

 

Sumber: Der Spiegel

Suhu permukaan bumi terus meningkat. Itu sudah pasti. Namun sampai berapa tinggikah peningkatan suhunya? Setiap kenaikan satu derajad akan punya dampaknya masing-masing.

.

Kenaikan suhu sampai 10C

80% batu karang dunia terus mengalami pemutihan. Hilangnya glacier-glacier kecil di pegunungan Andes mengancam persediaan air bagi lebih dari 50 juta orang. Di daerah tropis, tingkat kematianbertambah lebih dari 300.000 orang karena malaria, disentri dan kekurangan gizi. Hasil pertanian di daerah yang lebih tinggi, pada sisi lain, meningkat. Melelehnya es di puncak gunung berarti sumber air dalam di daerah artik lebih mudah diperoleh.

.

Kenaikan suhu sampai 20C

Daerah di Afrika Selatan dan Mediterania mengalami pengurangan air antara 20 sampai 30%. Orang di Afrika yang terkena wabah malaria bertambah 40 sampai 60 juta lagi. 15 sampai 40% dari semua spesies terancam punah, beruang kutub, caribou dan banyak binatang ampibi terancam punah. Mencairnya lapisan es di Greenland tidah dapat ditahan lagi.

.

Kenaikan suhu sampai 30C

Kekeringan parah melanda Eropa selatan setiap 10 tahun. Lebih dari 170 juta orang menjadi kurban banjir dan badai setiap tahun. Dibandingkan saat ini, antara 150 sampai 550 juta orang lagi akan menderita kelaparan. Hasil pertanian di daerah yang lebih tinggi pada sisi lain lebih menghasilkan dibanding sebelumnya.

.

Kenaikan suhu sampai 40C

Setengah dari tundra di Artik akan lenyap. Separuh dari suaka perlindungan satwa liar tidak mampu lagi melindungi satwa liar di dalamnya. Di Afrika, hasil pertanian turun 15 sampai 35%. Lebih dari 300 juta orang di daerah pesisir akan kebanjiran.

.

Kenaikan suhu sampai 50C

Kenaikan kumulatif pengasaman laut secara permanen merusak ekosistem maritim, mengancam kehidupan ikan serta industri perikanan. Glacier di Himalaya akan benar-benar lenyap dan membahayakan suplai air bagi seperempat penduduk China. Naiknya muka laut mengancam keberadaan pulau-lulau kecil, serta daerah kota pesisir seperti Lisabon, New York ataupun Tokyo.

♥♥

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s