Seimbang Spiritual Material

Perlunya Menyeimbangkan Kehidupan Spiritual dan Material Kita

Oleh : Master Stephen Co (Konv 5)

Kebanyakan orang merasakan bahwa uang demikian membebaskan. Namun demikian banyak praktisi spiritual sering merasa bahwa uang malah membuatnya terikat. Pengkondisian religius tertentu menciptakan rasa bersalah dalam bawah sadar ketika kita memiliki uang berlimpah. Konsekuensinya, banyak praktisi spiritual seringkali menyabot sendiri keberhasilan material dan spiritualnya. Dalam penyembuhan prana, kita yakini bahwa uang hanyalah sekedar sebuah alat yang berharga, yang memungkinkan kita membantu mengatasi masalah dunia seperti misalnya dengan menyumbang sejumlah uang ke badan sosial yang mengatasi kelaparan dan melakukan pendampingan di daerah yang dilanda kemiskinan dan terkena wabah penyakit dengan membantu mendidik anak-anak dan menyediakan lingkungan kehidupan yang lebih baik. Dengan sejumlah sumber-sumber bantuan yang cocok, seperti uang, bisa membeli kebebasan agar kita punya cukup waktu untuk bermeditasi dan melayani umat manusia. Menyadari kenyataan bahwa kebanyakan organisasi spiritual yang kuat menyediakan jutaan dolar pada pos pengeluarannya untuk mencetak buku-buku spiritual, iklan dan menyelenggarakan pertemuan besar dalam upayanya menyebar luaskan pesan-pesannya dengan cepat. Uang dan sejenisnya bisa dijadikan alat yang bermanfaat untuk menyebarkan tujuan spiritual.

Seringkali orang berpikir bahwa dengan mempunyai pendidikan yang lebih tinggi dan etos kerja yang disiplin, sudah cukup untuk menjamin keberhasilan finansial dalam kehidupannya. Sayangnya, banyak yang “shock” dan kecewa menemukan bahwa walaupun mereka sudah bekerja keras sepanjang hidupnya akhirnya hanya tergantung pada “jaminan sosial”. Banyak di antara pimpinan dari 500 perusahaan yang kaya raya, termasuk Bill Gates, bahkan tidak memiliki gelar kesarjanaan, walaupun nampaknya uang dan kesempatan terus berjatuhan ke pangkuannya. Ini menunjukkan adanya kunci penting dalam perwujudan, “ilmu tentang yang berhak”. Teknik yang sangat jitu ini memungkinkan kita menciptakan kondisi yang secara karma menjadikan kita punya hak agar harapan-harapan kita terkabul. Karma yang makmur dapat disamakan dengan listrik, dan pikiran yang kuat atau bentuk emosional yang Anda ciptakan adalah televisi Anda, tanpa salah satunya tidak akan ada gambar. Marilah kita terus menerus menciptakan karma kemakmuran dengan cara melayani mereka yang miskin, menyumbang ke badan sosial, mendukung proyek-proyek penyembuhan prana, baik yang lokal maupun di tingkat dunia.

Guru kita, GrandMaster Choa Kok Sui, suatu saat pernah berkata kepada saya “Sangat sulit melayani kalau perut kosong”. Itulah sebabnya dia merangkum rahasia para mistik kuno dan keahlian para jutawan modern Asia kedalam sebuah system yang disebut “kriyashakti – ilmu spiritual untuk mewujudkan kemakmuran”. Para suci yang sudah mengalami pencerahan mengajarkan kepada kita tentang dunia fisik yang dapat kita lihat, rasakan dan sentuh ini hanyalah sekedar sebuah refleksi dari apa yang sudah berlangsung di alam batin. Kriyashakti memungkinkan kita mengorganisir alam batin kita sehingga kita menjadi lebih bahagia dan lebih damai karena ukuran dan kekuatan chakra atas dan bawah kita menjadi seimbang. Chakra atas seperti mahkota dan jantung berpengaruh pada spiritualitas kita. Chakra bawah seperti chakra dasar atau chakra akar mempengaruhi naluri pertahanan hidup kita dan juga kemampuan kita untuk menghasilkan uang. Banyak praktisi spiritual yang mengalami kesulitan keuangan mempunyai chakra atas yang sangat besar dan chakra bawah yang kecil, keadaan seperti itu akan menimbulkan kondisi yang disebut “melayang”.

GrandMaster Choa Kok Sui mengajarkan cara yang efektif bagaimana mengaktifkan dan menyeimbangkan chakra atas dan chakra bawah akan memungkinkan kita mewujudkan kebajikan dalam diri setiap orang. Bila kita dengan benar menata kehidupan materi kita dengan tertib, itu akan memberi kita waktu dan kesempatan untuk bermeditasi, menyembuhkan dan mengejar tujuan sejati, mengapa kita hidup di dunia ini – yaitu untuk melayani sesama.

Beberapa hal praktis yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kehidupan material dan finansial Anda, antara lain adalah yang disebutkan di bawah ini :

  1. Menyumbangkan sebagian dari penghasilan Anda setiap bulan, dianjurkan di awal minggu pertama setiap bulannya.

  2. Sediakan waktu sebentar saja untuk melakukan pelayanan setiap bulannya. Terutama untuk membantu menyebarluaskan ajaran penyembuhan prana dengan melakukan penyembuhan, memimpin kelompok meditasi dan mengajar.
  3. Lakukan Kriyashakti atas semua rencana Anda disetiap bulan purnama, termasuk rencana-rencana atau proyek-proyek dadakan, jangka pendek dan jangka panjang.
  4. Perhatikan “Cash flow” Anda. Termasuk menyediakan waktu untuk menghitung apa saja pengeluaran bulanan Anda. Bagi itu menjadi pengeluaran yang perlu dan keinginan-keinginan, bandingkan ini dengan pendapatan bulanan Anda. Bila pendapatan Anda tidak cukup untuk membayar pengeluaran Anda, maka Anda harus mengurangi pengeluaran, mulai dari pengeluaran untuk keinginan-keinginan. Jangan berdalih.
  5. Selalu bukalah mata Anda agar dapat segera meraih kesempatan untuk meningkatkan keuangan Anda. Ingatlah selalu, bila Anda tidak mengusahakan perubahan, situasi yang sama akan terus berlanjut.

Sering kali kita sedemikian sibuk dengan segala sesuatu sampai-sampai melupakan hal-hal mendasar yang telah Master Choa ajarkan. Kita harus menggunakan formula langkah demi langkah dengan tepat untuk menghasilkan karma baik, bekerja dengan cerdas dan menerapkan ajaran itu untuk memberi keluarga kita kehidupan yang nyaman dan juga untuk mewujudkan keberuntungan spiritual dijalan yang telah kita pilih.

—–36——

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s