Fokus Pada Sasaran

(MP 34)
Ada satu perumpamaan yang indah dari Tranxu, orang bijak dari China yang mengatakan:

“Bila seorang pemanah membidik sasaran panahnya tanpa memikirkan hadiah apa yang akan diterimanya, dia memanfaatkan seluruh kemampuannya untuk membidik sasaran dengan tepat; namun bila di membidik sasaran untuk memenangkan hadiah sabuk perunggu, dia sudah merasa gelisah, jika dia membidik sasaran untuk memenangkan hadiah emas, penglihatannya akan terganggu, dia akan melihat seolah-olah ada dua sasaran panah, pikirannya jadi kacau.

Keterampilannya tidak berubah, tetapi hadiah yang dipikirkannya membuat perhatiannya terpecah. Dia terserap oleh hadiah yang akan diperolehnya! Dia lebih banyak memikirkan kemenangan daripada kegiatan membidik sasaran, dan keinginannya untuk menang menguras habis tenaganya”

Gambaran seperti itu merupakan keadaan yang dialami banyak orang dewasa ini bukan? Bila kita hidup bukan untuk hal tertentu, kita dapat memanfaatkan seluruh kemampuan kita, seluruh tenaga kita, kita tidak merasa tegang, santai, kita tidak peduli, apakah kita nanti menang atau kalah.
Hal itu hanya dapat kita temukan melalui penyadaran. Dan dalam penyadaran kita mengerti bahwa kehormatan tidak punya arti apa-apa.

———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s