PHQandA: Vitiligo

Pesan PHQandA No. 3242

Latar belakang medis dan cara Perawatannya

Sebelumnya, perlu dijelaskan pada mereka yang belum tahu apa itu PHQandA, PHQandA adalah kependekan dari Pranic Healing Question and Answer, sebuah egroup Prana resmi, yang menjawab pertanyaan mengenai cara menangani penyakit yang cara penyembuhannya tidak ada dalam buku Penyembuhan Prana Tingkat Dasar, Lanjut, Psikoterapi maupun Penyembuhan dengan Kristal.

Sebaiknya Anda yang mempunyai akses ke internet mendaftarkan diri menjadi anggota egroup ini, dengan demikian Anda akan dapat memetik manfaat yang sangat besar. Hanya dengan mencermati pertanyaan Penyembuh Prana dari seluruh dunia serta jawaban yang diberikan oleh Marilette Liongson, seorang Penyembuh Prana yang handal, yang ditunjuk langsung oleh Master Choa untuk mengasuh egroup ini. Tentu saja kalau Anda punya masalah atau pertanyaan berkenaan dengan Penyembuhan Prana, Anda bisa mengajukan pertanyaan ke egroup ini, tentu saja dalam bahasa Inggris, dan beberapa hari kemudian jawabannya sudah bisa Anda terima.

Dalam MediaPrana kali ini kami sajikan cara perawatan Vitiligo (leucoderma) yang kami terjemahkan dari pesan PHQandA nomor 3242. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini sudah lebih dari 4000 kasus penyakit yang dibahas.

Latar belakang medis

(Sumber: Mayo Foundation for Medical Education and Research [MFMER]).

Vitiligo adalah kondisi di mana kulit Anda kehilangan melanin, pigmen yang yang menentukan warna kulit, rambut dan mata Anda. Kalau sel yang memproduksi melanin mati atau tidak lagi membentuk melanin, maka perlahan-lahan akan muncul bercak putih dengan bentuk yang tidak beraturan di kulit.
Biasanya vitiligo mulai nampak di daerah kecil yang kehilangan pigmen yang seiring dengan waktu melebar dan semakin membesar. Perubahan pada kulit ini bisa menyebabkan stress dan rasa khawatir terutama berkenaan dengan penampilan Anda.

Secara medis, saat ini tidak ada obat atau cara untuk menyembuhkan vitiligo. Tujuan perawatannya lebih pada untuk menghentikan atau memperlambat kemajuan depigmentasi-nya (kehilangan pigmen), serta kalau Anda mau, berusaha untuk mengembalikan warna pada kulit Anda.

Tanda-tanda utama vitiligo adalah kehilangan pigmen sehingga menyebabkan timbulnya bercak berwarna putih susu (depigmentasi) pada kulit. Tanda-tanda lain yang kadang muncul adalah:

  • Terjadinya pemutihan pada rambut, alis mata, bulu mata atau kumis dan janggut.
  • Hilangnya warna pada jaringan yang membatasi bagian dalam mulut Anda (selaput mukus).
  • Hilang atau berubahnya warna lapisan dalam mata Anda (retina).

Walau semua bagian tubuh Anda bisa terkena vitiligo, depigmentasi biasanya mula-mula muncul di daerah kulit yang terpapar sinar matahari, seperti misalnya tangan, kaki, wajah dan bibir. Pada umumnya vitiligo muncul dalam tiga pola:

  • Lokal. Depigmentasi terbatas hanya pada daerah tertentu tubuh Anda.
  • Segmental. Hilangnya warna kulit hanya pada salah satu sisi tubuh.
  • Menyeluruh. Kehilangan pigmen meluas di banyak tempat dari tubuh Anda.

Walaupun vitiligo bisa muncul pada setiap usia, namun kebanyakan mulai muncul pada usia antara 20 sampai 30 tahun. Bercak putih bisa mulai muncul di wajah di atas mata atau di leher, ketiak, siku, kelamin, tangan atau lutut. Seringkali tumbuh secara simetris dan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Penyakit ini bisa diderita pria maupun wanita dari semua ras.

Orang yang menderita vitiligo biasanya tetap sehat dan mempunyai tekstur dan sensasi kulit yang normal. Namun kondisi ini pada umumnya muncul pada orang yang menderita penyakit autoimun tertentu – penyakit di mana sistem kekebalan tubuh bereaksi melawan organ dan jaringan tubuh Anda sendiri – seperti misalnya penyakit Addison, kekurangan vitamin B-12 (pernicuous anemia), atau gangguan tiroid, termasuk hipertiroid maupun hipotiroid.

Penyebab alami vitiligo sulit dilacak. Kadang kala bercaknya berhenti berkembang tanpa perawatan apapun. Pada kasus yang lain, kehilangan pigmen bisa mempengaruhi sebagian besar permukaan kulit Anda.

Kulit Anda terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis dan jaringan bawah kulit. Lapisan kulit bagian paling luar adalah epidermis. Melanin, pigmen yang menentukan warna kulit, rambut dan mata Anda, dihasilkan di epidermis. Melanin menyediakan pewarna kulit dan membantunya melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultra violet.

Manusia dari semua ras dilahirkan dengan jumlah sel pigmen (melanosit) yang kira-kira sama banyaknya. Tingkat di mana butir-butir melanin dihasilkan dalam sel maupun konsentrasinya dalam epidermis menentukan karakteristik dan faktor utama terjadinya perbedaan warna kulit. Kalau tidak ada melanin yang dihasilkan, maka bercak terkait jadi putih. ketika bercak putih ini membesar atau menyebar, kemungkinan penyebabnya adalah vitiligo.

Penyebab vitiligo belum diketahui. Para dokter dan ilmuwan punya teori tentang penyebab penyakit ini. Keturunan bisa jadi merupakan salah satu faktor karena terlihat adanya peningkatan temuan vitiligo pada beberapa keluarga. Beberapa orang melaporkan salah satu penyebabnya adalah terbakar sinar matahari atau tekanan emosi. Bagaimanapun, tak satupun dari teori itu secara jelas terbukti menjadi penyebab terjadinya vitiligo.

Penyembuhan Prana:
(Sumber: Penyembuhan Prana Tingkat Lanjut oleh Master Choa Kok Sui).

  1. Berdoa dan telusuri sebelum, selama dan sesudah Perawatan Prana.
  2. Lakukan penyapuan umum beberapa kali.
  3. Penyapuan setempat pada daerah kulit yang terganggu dengan BMK dan LMK. Beri energi daerah yang terganggu dengan BMK untuk melokalisir. Kemudian berikan energi langsung kedaerah yang terganggu dengan HMK, OMK kemudian MMK. Catatan: 
    1. Prana berwarna diproyeksikan satu demi satu.
    2. Pemberian energi hanya pada lapisan luar kulit saja, terutama yang di dekat jantung, limpa dan kepala.
  4. Lakukan penyapuan dengan seksama pada paru-paru bagian depan, samping dan belakang dengan HMK, OMK kemudian MMK. Ketika memberikan energi dengan warna oranye, jauhkan arah jari Anda dari daerah kepala.
  5. Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra dasar, minor perineum dengan HMK berselang seling dengan OMK.
  6. Penyapuan setempat dengan seksama pada lengan dan tungkai dengan penekanan pada cakra-cakra minornya dengan HMK berselang seling dengan OMK. Berikan energi ke cakra minor lengan dan tungkai dengan MMK.
  7. Lakukan penyapuan setempat dengan seksama pada cakra jantung depan dan belakang dengan HMK kemudian dengan lebih banyak LMK biasa.
  8. Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra solar-pleksus depan dan belakang. Berikan energi HMK kemudian dengan lebih banyak LMK biasa. Bagi Penyembuh Prana yang berpengalaman: Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra solar-pleksus depan dan belakang serta hati dengan HMK berselang seling dengan OMK. Berikan energi BMK, kemudian HMK, lalu dengan OMK pada cakra solar-pleksus.
  9. Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra seks, cakra pusar dan daerah perut bagian bawah. Berikan energi MMK pada cakra pusar dan cakra seks.
  10. Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra limpa depan dan belakang dengan HMK. Kemudian berikan energi HMK kemudian LMK biasa pada limpa dengan hati-hati.
  11. Penyapuan setempat dengan seksama pada ginjal dengan HMK berselang seling dengan OMK, berikan energi MMK.
  12. Lakukan penyapuan setempat dengan seksama pada cakra meng-mein.
  13. Penyapuan setempat dengan seksama pada cakra tenggorokan dan cakra ajna. Lalu beri energi dengan sedikit HMK kemudian dengan lebih banyak LMK. Ketika memberikan energi ke cakra ajna, dengan lembut namun dengan tegas mintalah agar cakra ajna menormalkan dan mengharmoniskan cakra-cakra lain serta organ-organ.
  14. Stabilkan dan potong energi prana yang sudah diproyeksikan.
  15. Ulang perawatan 3 kali dalam seminggu selama diperlukan.

Untuk pasien:

  1. Untuk membantu kesembuhan, berlatihlah Meditasi Jantung Kembar dengan benar dan teratur, sehari sekali atau 4 sampai 6 kali dalam seminggu, kecuali kalau pasien dinyatakan dalam kondisi yang tidak mengizinkannya melakukan meditasi itu. Senam sebelum dan sesudah meditasi tetap harus dilakukan.
  2. Lakukan olah raga dan pernapasan prana secara teratur.
  3. Komsumsilah makanan yang bergizi dan seimbang, termasuk banyak makan buah dan sayuran segar.
  4. Nikmatilah hobi yang produktif dan menyenangkan.
  5. Lakukan pelayanan demi kebaikan sesama.
  6. Hindari pikiran, emosi, kegiatan dan lingkungan yang negatif.

65 comments on “PHQandA: Vitiligo

  1. saya terkena vitiligo sudah lebih 10th dan ingin sekali berobat krn selama ini secara medis belum berhasil. Bagaimana caranya jika saya ingin melakukan penyembuhan vitiligo ini, kemana saya harus mendatangi alamatnya dan apa saja persyaratanya.
    terimaksih atas perhatianya
    nasrudin, cilegon banten

    • Terimakasih atas tanggapannya.
      Sayang belum ada Penyembuh Prana di daerah Cilegon, kalau mau Anda dapat datang ke klinik PRANAVA, jl. Kalipasir no. 7 Cikini, Jakarta, telp 3100667. Tidak ada persyaratan khusus.
      Terimakasih!!

  2. Saya wanita 23 tahun, mengalami virtiligo sudah sejak smp(14th) awalnya hanya di daerah pipi saja, setelah saya melakukan pengobatan medis ternyata berhasil, bercak putih di pipi saya hilang, namum beberapa tahun setelah bercak dipipi hilang, muncul lagi didekat daerah bulu mata sebelah kanan saja, saya sangat tidak PD dengan bulu mata saya yang putih sebelah, bahkan rambuh saya mulai tumbuh uban yang lumayan byk. Yang ingin saya tanya kan bisakah vitiligo di daerah bulu mata ini di sembuhkan dan bagaimana caranya, mohon bantuannya,
    terima kasih

    • Terimakasih tanggapannya.
      Untuk penyembuhan vitiligo diperlukan kesabaran, karena membutuhkan waktu yang relatif lama. Anda bisa berobat ke klinik Prana resmi yang ada di dekat tempat tinggal Anda.

    • maaf sebelumnya mba, saya cuma mau tanya, mba dlu sembuh berobat pke obat apa, kalo boleh tau otu juga, saya juga penderita vitiligo sejak smp kelas 2, sebelum dan sesudahnya saya banyakmucapkan trimakasih. wasalam

    • Terimakasih tanggapannya, untuk perawatan Prana di daerah Bandung, Anda bisa datang di toko buku Gramedia Merdeka, setiap hari selepas jam kerja. Biaya sukarela. Terimakasih.

  3. Saya juga terkena vitiligo. dan setelah tumor kulit saya diangkat, vitiligo berangsur2 menghilang. namun sekarang muncul kembali saat saya melakukan pekerjaan lapangan. Apakah karena kulit terpapar sinar matahari?
    MOhon penjelasan

  4. Saya terkena Vitiligo apakah bila saya gabung ke Klinik prana biaya yg dikeluarkan cukup besar ? mengingat biaya obat yag saya gunakan cukup besar

  5. saya laki2 berusian 20tahun.
    saya cuma mau tanya, Melanocyte Transplantation….
    dan kira2 brp saya mengeluarkan duit klu makai teori Melanocyte Transplantation ini ya dok ya…..
    walaupun saya harus ke india sana.
    mohon penjelasan nya dok

  6. saya dari lumajang, saya adalah seoarang kakak yang mempunyai adik seorang penderita vitiligo. saya sangat sedih melihat adik di daerah wajahnya terdapat bercak putih, dia juga sering menangis karena sering din ejek teman-temannya… APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN AGAR ADIK SAYA ITU BISA SEMBUH DARI PENYAKITNYA ITU.
    MOHON BANTUANNYA, TERIMA KASIH.

  7. Yth Bapak dan Ibu. Mohon bantuan untuk pengobatan prana khusus vitiligo di daerah Bogor dimana kah tempatnya? Saya menderita vitiligo dan menderita sekali karenanya. Seandainya milis ini menyebutkan alamat alamat tempat penyembuhan Prana diberbagai kota tentunya akan lebih baik bagi penedrita. Atas perhatian dan bantuan, diucapkan banyak terima kasih.

  8. saya menderita vitiligo dari lumajang sejak 10th lalu.
    Apakah ada klinik Prana di Malang atau Lumajang???
    trimaksih…

  9. Ping-balik: 2010 in review « PRANA INDONESIA

  10. pnykt vitiligo bs menyerang anak balita jg y…?
    klo masi kcl gmn bs disuru ikut pengbtn prana gt y…
    masi 3,5thn…..

    • Terimakasih atas tanggapannya. Memang anak kecil bisa terkena vitiligo. Tentu saja anak kecil tidak bisa disuruh belajar prana, tapi kan bisa dirawat dengan prana oleh orang lain…

  11. Saya seorang ibu 46 th danmenderita vitiligo sudah sekitar 10th. Sudah erobat ke dokter sejak 5th yg lalu, tapi tidak membuahkan hasil. Adakah cabang di Tangerang? Kalau pengobatan prana itu apa ya? Berapa biayanya? Terima kasih.

    • Penyembuhan Prana adalah penyembuhan energi yang dilakukan tanpa menyentuh, tanpa obat. Denganpendekatan yang ilmiah, tanpa mistik, klenik, tahyul maupun ritual yang tidak perlu. Kami belum punya perwakilan di tangerang. Vitiliga dapat isembuhkan dengan Prana…

  12. saya ibu vonny di manado saya g tau kalo kena penyakit vitiligo nanti setelah cari2 di internet saya ketemu prana yang setelah saya baca gejalanya ternyata sama persis.saya mau berobat apa di manado ada cabangnya?boleh g berobat jarak jauh?

  13. sy jg sdh lama mnglami pnykt vitiligo sdh hmpir 18thn,tp vitiligo sy tdk terlalu melebar pesat,bhkn tnp diobati dibagian tertentu yg ada bercak putihnya mghilang,sy sdh berpuluh2 kali kdktr bhkn sdh bosan krn tak ada hasilnya,tp sy sll mnjaga agr tdk trlalu membyk bercak putihnya sy sll berpikir positif,santai,terapi air putih dan byk mngkonsumsi sayur alhmdulillah dg kesabaran dan doa mbuahkn hsil wlw tak hilang semua tp sdikitnya mncegah agrtak cpt mnyebar…smngt trus dan yakinlah tuhan menurunkn pykit beserta obtnya….

  14. apa beda prana dengan reiki? kalau di surabaya, ada dimana? apakah penyempitan tulang L-4/5 bisa disembuhkan dengan cara prana? butuh waktu berapa lama? thanks

  15. anak sy sejak kecil di dahinya udah ada vetiligo tp kecil stlh asianya 9 th bercaknya tambah lebar n meluas,kira2 bs sembuh tidak?

  16. saya dr mdn mendrita vitligo sjk 2 thn ini di daerah tngn sama kaki dan kelamin..saya mau nanya apa bnr vitiligo bs disembuhkan?n brp biaya untuk itu?tlng ksh pnjlsannya ya dr?

  17. Suami saya uda 8 tahun terkena penyakit vitiligo. Kami tinggal di Medan- Indonesia. Apakah ada tempat penyembuhan di daerah medan?

  18. saya remaja wanita 18 tahun,di leher saya ada bercak putih y smakin membesar,awalnya kata dokter jamur,namun setelah di periksa lagi ternyata vitiligo<walaupun sdikit masih tapi apakah kulit saya bisa speerti smula?/?

      • saya menderita vitiligo baru. bisakah saya berobat karena saya berdomisili dikota padang? bagaimana cara agar saya bisa berobat. tks

  19. Maaf sebelumnya sy ingin bertanya. Sy sudah terkena Vitiligo sejak 2 tahun terakhir (umur sy 17tahun) jujursejak terkena penyakit ini sangat mengubah kepribadian sy sangat drastis, sy ingin sembuh. Sy di jakarta barat.

    Sy ingin bertanya, berapa biaya untuk berobat di pranaindonesia (detail), lalu jam praktek nya hari apa aja?

  20. Isteri saya sdh hampir 35 thn menderita Vitiligo, hanya saja tdk begitu cepat melebar, disamping juga terus mencoba mengobati dgn berbagai macam obat yg disarankan oleh banyak orang, dan sampai sekarangpun tdk pernah berhenti berobat, tapi tdk juga sembuh. Apakah dgn Prana penyakit ini dpt sembuh ?. Karena kami tinggal di Pekanbaru, adakah Pengobatan Prana ini di Pekanbaru?

  21. Sya dede,sya mnderita penyakit vitiligo ini udh 10 bulanan….sya mw tanya klu di daerah tangerang ada ga pengobatan prana tersebut…dan kira2 brapa biaya pengobatannya…..mkasih

  22. asalamualaikum…
    sya udah 2 taun lbih mempunyai pnyakit ini,dari kelas 2 smester 2 smp,skrng kelas 2 smester 1 smk,saya semenjak punya penyakit ini,saya jarang sekali bergaul dng tmn” saya lagi karna malu,tolong beri tau saya gimana sya biza mengobati pnyakit nhe …
    Ada gx d daerah bogor atau bekasi,makasi…

  23. saya dari padang penderita vitiligo baru. kemana sy harus berobat? dan contact person yang bisa dihubungi sehingga cepat teratasi

  24. saya dari balikpapan penderita vitiligo baru. kemana sy harus berobat? dan contact person yang bisa dihubungi sehingga cepat teratasi.terima ksih

  25. Saya dari Banyuwangi, apa bisa pengobatan prana dilakukan dengan petunjuk dari prana bila saya dirumah? Kalau di dekat Jatim apa ada dan dimana alamatnya? Terima kasih saya sampaikan.

  26. saya tasya almailani,,sy siswa smp,,,sya terkena pnykt vitiligo krng lbh 6thn,,,,,,,sy prnh d obat oleh obat delcolaren liquid,,,lama klamaan alhmdllh sbgian kulit sya sembuh,,,tpi sjkl sy tdk d obat lgi pnykt ittu muncul laghe,,,,,sya sdh mencri berbagai solusi utk mnymbhkn pnbykt sya ini,,, tp hasilnya nihilll,,,sya ingnb menanykn bgmna mnymbhkn pnykt sya ini,,,,trm kshh,,,

  27. Saya menderita penyakit vitiligo sejak berumur 7th ada dua orang dikeluarga saya juga terkena penyakit vitiligo ini,apakah di Solo Jateng sudah ada cabangnya?
    saya ingin cepat sembuh

  28. ternyata masih banyak yg seperti saya, saya menderita vitiligo selama 10 thn di sekitar bibir saya…
    saya sangat tidak percaya diri dengan kondisi saya yg seperti ini……….
    apakah cara ini sudah berhasil??

    terimakasih…..

  29. Saya sahat, pemuda yg msh berumur 18 tahun, saya sudah terkena vatilign ini sejak berumur 7 tahun, aku sudah tertekan sekali karna ini, karna ini di anggp penyakit menular oleh penduduk sekitar daerah saya ini, apa yg hrs saya lakukan untk mengobati vatiligo ini, apakah tidak ada obt herbal yg dpt sya gunakn?

  30. saya eka saputra di jogja.saya berusia 18 th.saya kena vitiligo di bagian pipi pada usia saya 17 th kemarin. kta dokter di sarjito bisa di obati dengan terapi dg ultraviolet tapi dlm jangka wkt 1 th belum ada perubahan truz di suruh transpalasi kulit (pecangkokan kulit) setelah itu kulit saya berubah menjadi seperti bekes luka tapi mazih ada kulit yg sedikit putih. obat yg buat menghilangkan apa ya dok???
    terimakazih

  31. saya berusia 18tahun, dan saya terkena virtiligo pertama kali pada umur 14tahun. Jujur saya takut gimana kedepannya. saya sudah 2x ke dokter kulit yang berbeda, dokter pertama beri saya salep racikan dan hasilnya lumayan, namun saya harus ngolesin itu dan setelahnya saya harus mandi sinar matahari pagi. saya kurang ada waktu untuk itu. dokter ke2 beri sayaProtopic tacrolimus ointment 0.1% namun hasilnya kurang begitu nampak. sekarang kepala saya sudah mulai ditumbuhi uban, dan di hidung saya sudah mulai nampak. adakah saran? apa saya bisa datang saja? apakah menjanjikan?

  32. assalamu alaikum wr. wb
    dulu saya pernah menderita keloid pada betis saya,, dan setelah disuntik pake trilac injecsi warna kulit saya berubah jadi putih, apakah ini termasuk vitiligo ato bukan?????/

  33. saya wanita usia 21 th.sejak umur 17th vitiligo mulai muncul dibagian bibir.mulanya sangat kecil namun hingga umurku yg ke21 th ni melebar dan membuat mulut saya tampak pucat dan bergaris.saya ingin sembuh dari penyakit vitiligo.apakah ada obat yang benar2 tradisional seperti tumbuhan atau buah yang bsa saya konsumsi dan tidak mengeluarkan uang banyak……

  34. maaf sebelumny….
    saya jg menderita virtiligo sjak klas 4 SD,hingga skrang alhmdullh,saya udah kuliah….
    saya udah mencoba segala jnis obat,ada yg berhasil nmun berangsur lama…
    saya jg ingin berusaha lg n lg…agar ini sembuh….

    saya ingin bertnya,
    pengobatan prana terdekat d kota medan,ada tw tdak y????
    lw ada,dmnany y pak???
    terimakasih!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s