Daya Tahan Tubuh Melemah?

Mengapa Daya Tahan Tubuh Kita Melemah?

5 hal yang menyebabkan daya tahan tubuh kita melemah, dan bagaimana mencegahnya :

A. Stress :
Tingkat kompetisi yang ketat baik di lingkungan kerja maupun bisnis, seringkali menjadikan kita stress. Belum lagi dengan tuntutan kebutuhan hidup keluarga yang makin tinggi dari hari ke hari. Stess yang berlebihan ini, dapat melemahkan daya tahan tubuh kita.

Tips untuk menghindari stress yang berlebihan :

  1. Atur pola tidur yang baik dan teratur.
  2. Berhenti untuk mengkhawatirkan pekerjaan Anda. Hidup ibarat seorang badut yang melemparkan tiga bola diudara secara bergantian terus menerus. Bola pertama adalah keluarga, bola kedua adalah kesehatan, dan bola ketiga adalah pekerjaan. Bola ketiga terbuat dari karet. Kalau jatuh, maka dia akan memantul lagi keatas. Sedangkan bola pertama dan kedua terbuat dari kaca.Kalau jatuh, maka dia akan pecah. Berapapun banyaknya uang Anda, itu tidak akan dapat menyelamatkan keluarga Anda yang telah hancur. Jadi, jangan khawatirkan pekerjaan atau bisnis Anda, tapi bersyukurlah bahwa Anda masih memiliki keluarga dan kesehatan yang baik.

B. Tidak pernah olah raga secara teratur :
Aktivitas olah raga bisa meningkatkan hormon-hormon dalam otak kita seperti adrenalin, serotonin, dopamin dan endorfin, dimana hormon-hormon tersebut berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita. Sebaiknya, lakukan olah raga secara teratur, minimal 30 menit tiap hari.

C. Polusi Udara :
Polusi udara berasal dari gas buang pabrik, pembangkit listrik dan alat transportasi, yang berupa Karbon monoksida, oksida nitrogen,oksida sulfur,CFC, dan Hidrokarbon. Substansi pencemar tersebut dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan, sampai ke paru paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.Dan, zat pencemar ini dapat melemahkan daya tahan tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk kanker.
Batasi aktivitas fisik atau olah raga diluar ruangan di siang hari.

D. Bertambahnya usia :
Dengan bertambahnya usia, maka kemampuan kerja dari organ organ tubuh akan mulai turun sehingga daya tahan tubuhpun ikut melemah.
Olah raga dan pola makan yang benar akan memperlambat pengaruh bertambahnya usia ini.

E. Pola makan kurang sehat :

  1. Gantilah daging sapi dengan pilihan rendah lemak seperti daging ayam atau ikan. Hindari makanan yang digoreng dan pilihlah makanan yang dimasak dengan cara dibakar, dipanggang atau ditumis. Perbanyak makan buah dan sayuran. Hindari minum-minuman alkohol. Selain tidak bergizi, alkohol mengandung kalori tinggi dan turut andil memperbanyak timbunan lemak di tubuh.
  2. Sebaiknya pilihlah bahan makanan alami, seperti sayur maupun daging segar. Sedapat mungkin hindari makanan-makanan yang telah diolah seperti makanan kaleng, sosis, dan sebagainya karena kandungan kalori dan lemaknya relatif tinggi.
  3. Jangan terlalu sering membeli makanan-makanan cepat saji (fast food). Batasi diri anda, paling banyak mengonsumsinya dua kali sebulan.
  4. Jangan sampai melupakan makan malam. Tanpa makan malam, perut anda akan kosong terlalu lama. Kondisi ini sangat tidak baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Tetapi usahakan makan malam sebelum pukul 19.00 dengan porsi sedang. Ini tidak akan membuat anda gemuk. Makan malam akan menjadi ‘bumerang’ bila disantap menjelang tidur, usahakan makan malam 2-3 jam sebelum beranjak keperaduan anda.
  5. Berhentilah merokok : racun-racun yang ada di dalam rokok juga sangat berpengaruh dalam menurunkan daya tahan tubuh kita.

Salam sehat….

Sumber: SHVOONG.com (Mbah Darmo)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s