Pengaruh Spiritualitas

SPIRITUALITAS MEMPENGARUHI KESEHATAN

Oleh : Elena Serocki

Ratusan penelitian mendokumentasikan hubungan keyakinan dan kesehatan. Berikut ini adalah pengaruh positif dari kesalehan:

Panjang umur : Penelitian atas 21.000 orang di Amerika dalam kurun waktu 1987 – 1995 menemukan adanya 7 tahun perbedaan harapan hidup di antara orang yang tidak pernah ikut dalam kegiatan keagamaan dan mereka yang berperan serta di dalamnya lebih dari sekali dalam seminggu.

Kesejahteraan menyeluruh : dalam penelitian yang dipandu oleh Jeff Levin, penulis “God, Faith and Health”, Orang dewasa di atas usia pertengahan yang menyadari dirinya lebih religius mempunyai lebih sedikit gangguan kesehatan dan tubuhnya lebih berfungsi dengan baik dibandingkan mereka yang tidak religius.

Pulih lebih cepat : pasien yang ditenangkan oleh keyakinan mempunyai kemungkinan hidup tiga kali lebih banyak, setelah enam bulan menjalani pembedahan jantung dibandingkan pasien yang tidak merasa terbantu oleh keyakinannya, ini adalah temuan dari penelitian di Dartmouth Medical School.

Jantung yang lebih kuat : Penelitian di India di tahun 1997, dengan subjek sebagian besar beragama Hindu, yang berdoa secara teratur mempunyai kemungkinan terkena sakit jantung koroner 70% lebih sedikit.

Tekanan darah yang lebih rendah : di tahun 1989, penelitian terhadap 400 pria Kaukasus di wilayah Evans, Georgia, menemukan pengaruh perlindungan yang berarti terhadap tekanan darah tinggi pada orang yang menganggap agama sangat penting dan yang beribadah secara teratur.

Kesehatan mental yang baik : orang yang menghadiri upacara keagamaan di tempat ibadah ada hubungannya dengan tingkat depresi dan kegelisahan yang rendah, ini adalah hasil penelitian pada 4.000 orang dewasa di Duke University.

Mengurangi stress : orang yang mengalami tekanan psikologis akan naik tekanan darah, denyut jantung dan kecepatan napasnya, ini menyebabkan tubuhnya tegang dan menurunkan kekebalan tubuhnya, kata Dr. Herbert Benson dari Harvard Medical School dan penulis buku The Relaxation Response. Dalam banyak penelitian, Benson menemukan adanya respon berlawanan yang dihasilkan dengan mengkombinasikan dua langkah : mengulang doa, kata-kata, suara, kalimat atau gerak, dan mengabaikan pikiran-pikiran lain. Meditasi, doa, tai chi dan yoga semuanya membangkitkan tingkat yang menyehatkan ini.

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s