i. Keteladanan

Setiap saat, setiap hari, merupakan “laboratorium hidup” di mana anak-anak Anda membentuk landasan moral ketika mereka menirukan apa yang Anda lakukan, sambil mengamati bagaimana Anda memperlakukan orang lain dalam kehidupan ini.

Dengan kepekaan dan ketulusan, Anda bisa menjadi teladan bagi Anak-anak Anda. Ingatlah kisah yang bercerita tentang sikap seorang Guru Agung, Mahatma Gandhi, berikut ini:

Seorang ibu membawa anaknya kepada Mahatma Gandhi, dan berkata, “Tolong Guru, katakan pada anakku ini agar dia berhenti mengkonsumsi gula.”

Gandhi menatap mata anak itu dalam-dalam, kemudian, berkata pada ibunya, “Bawa anakmu kembali kemari dua minggu lagi.”

“Tapi, Guru,” ujar wanita itu, kami sudah berjalan sangat jauh untuk sampai kemari menemui Guru. Tolong jangan menyuruh kami pulang. Tolong katakan pada anakku agar jangan mengkonsumsi gula.”

Sekali lagi, Gandhi menatap mata anak itu dalam-dalam, namun, sekali lagi dia berkata, “Bawa kembali anakmu kemari dua minggu lagi.”

Dua minggu kemudian, ibu dan anak itu kembali. Ibunya berkata, “Tolong, Guru, katakan padanya agar dia berhenti makan gula.”

Gandhi menatap mata anak itu dalam-dalam, dan berkata, “Berhentilah makan gula.”

Ibunya berkata, “Terimakasih Guru, terimakasih. Tapi tolong katakan kepada kami, mengapa tempo hari Guru menyuruh kami pulang? Kenapa Guru tidak menyuruh anak saya berhenti mengkonsumsi gula dua minggu yang lalu?

Gandhi menjawab, “Dua minggu yang lalu, aku masih makan gula.”

Anda dapat menjadi contoh yang bijak dan baik bagi anak-anak Anda. Anda bisa menjadi teladan terbaik bagi anak-anak kalau Anda selalu ingat bahwa: Mereka akan menjadi seperti Anda!

———-

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s