b. Main telpon-telponan

Kumpulkan anak-anak Anda bersama beberapa orang teman mereka, suruh mereka duduk membentuk lingkaran besar, dan ajari mereka cara bermain “telpon-telponan.”

Anda bisikkan sesuatu pada anak pertama di ujung lingkaran. Kemudian anak itu membisikkan apa yang Anda katakan tadi pada anak berikutnya, kemudian dari dia ke yang berikutnya, ke berikutnya lagi, sampai akhirnya pesan itu berkeliling lingkaran, dari satu anak ke anak yang lain.

Anda sudah tahu apa yang akan terjadi. Kata-kata dan pesan tadi ternyata sepenuhnya terputar balik dan berubah, dan sama sekali berbeda artinya dengan kata-kata yang semula Anda bisikkan ke anak yang pertama tadi.

Anak-anak Anda beserta teman-teman mereka akan memahami pentingnya perkataan karena bahkan perkataan yang sederhana sekalipun, dalam keadaan yang paling penuh dengan suasana bermain, bisa terdistorsi dan menjadi jauh berbeda artinya. Mereka akan belajar untuk bicara dengan bijaksana dan hati-hati, karena sudah tahu daya dan potensi kata-kata yang keluar dari mulut mereka.

———-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s