Membangkitkan Kundalini

Belakangan ini dapat kita temukan berbagai tulisan atau pengajaran mengenai pembangkitan kundalini dengan cepat tanpa memperhatikan aspek lain yang sebenarnya sangat menentukan, yaitu pembentukan watak dan peningkatan spiritualitas, karena tanpa itu pembangkitan kundalini yang di agungkan itu akan berubah menjadi petaka bagi praktisinya, apalagi kalau itu dilakukan tanpa bimbingan seorang Guru Sejati tahap demi tahap, atau bahkan dengan kurang mendalam dan secara serampangan seseorang meramu sendiri tekniknya dari berbagai buku atau dari berbagai perguruan dan kemudian mengajarkannya kepada orang lain. Inilah yang menyebabkan terjadinya berbagai sindroma kundalini yang sangat sulit dipulihkan. Untuk itu di bawah ini diketengahkan sebuah tulisan yang diambil dari buku “Yoga Kundalini” karya Dr. Gede Kamajaya.


–––––––––––


Kundalini sering disebut sebagai ular api. Ia adalah kekuatan yang amat hebat yang berada dalam tubuh manusia.
Energi ini berada dalam semua tataran alam. Seperti halnya prana yang keberadaannya antara lain berhubungan dengan sinar matahari, penelitian kegaiban menunjukkan bahwa kundalini rupanya berhubungan dengan kekuatan di dalam pusat bumi. Jelaslah bahwa selain memerlukan prana, kita juga memerlukan kundalini untuk keperluan evolusi jiwa. Kita membutuhkan keduanya, tetapi bila salah satu di antaranya berlebihan atau kurang, maka hal ini dapat mengakibatkan bahaya yang sangat serius. Itulah sebabnya ada risiko yang cukup besar dalam membangkitkan kundalini, terutama bila praktisinya belum hidup suci dan murni.

Kita sudah banyak mendengar tentang kundalini serta bahaya pembangkitan sebelum waktunya. Dan apa yang banyak kita dengar itu memang ada benarnya. Ada bahaya yang benar-benar serius dalam membangkitkan aspek dari energi hebat ini sebelum ia memperoleh kesucian hidup dan pikirannya. Hanya dengan memperoleh kesucian hidup dan kesucian pikiranlah manusia dapat selamat bila ia ingin membangunkan kekuatan yang begitu hebat ini.

Banyak orang mengira bahwa kundalini benar-benar tidur dan tidak aktif. Tapi sebenarnya kundalini memiliki peranan yang amat besar dalam kehidupan manusia. Dia secara terus menerus memberikan energi kehidupan.

Seperti halnya semua energi yang lain, kundalini sendiri tidak tampak dengan mata biasa. Dalam tubuh manusia, kundalini menempatkan dirinya dalam suatu wadah berbentuk bola berongga konsentris yang terbuat dari zat astral dan eterik, yang satu berada dalam yang lainnya. Nampaknya terdapat tujuh bola konsentris seperti itu di dalam cakra dasar, di sekitar tulang ekor. Pada orang biasa energi ini aktif pada bagian terluar bola-bola ini. Di dalam bola-bola lainnya energi itu “tertidur”.

Kundalini sering digambarkan sebagai dewi dalam berbagai kitab yoga, indah berkilau seperti kilat sedang tidur di dalam cakra dasar, seperti seekor ular yang melingkar tiga setengah lingkaran melilit linga svayambhu dan menutupi pintu susumna dengan kepalanya. Walaupun dia tertidur dikatakan bahwa “Kundalini memelihara kehidupan semua makhluk”.

Pada saat kebangkitannya, jalan yang dilaluinya berbentuk spiral, berbelok-belok naik. Kebangkitan kundalini ini juga akan mengaktifkan kesadaran yang lebih tinggi sehingga alam-alam yang lebih tinggi akan terbuka nampak dihadapan kita secara berurutan.

Pada kebanyakan orang, kundalini berada di dasar tulang punggung dalam keadaan tidur, dan keadaan seperti ini memang jauh lebih baik daripada membangkitkkannya sebelum orang tersebut berkembang moralitasnya, dan sebelum pikiranya cukup bersih untuk dapat menangani energi itu tanpa terkena bahaya. Kemauan juga harus kuat untuk dapat menguasai energi itu.

Hendaknya orang jangan mencoba membangkitkan kundalini tanpa bimbingan seorang Guru yang amat mengerti persoalannya, karena bahaya yang ditimbulkan akibat pembangkitan yang salah amat serius dan nyata. Bahaya itu ada yang murni dan bersifat fisik dan juga batin. Gerakan kundalini tanpa kontrol selain merusak tubuh fisik juga bisa merobek lapisan badan halus.

Salah satu efek pembangkitan kundalini secara salah yang biasa muncul adalah api kundalini yang mengalir ke bawah dan bukannya ke atas. Dengan begitu merangsang nafsu-nafsu rendah demikian kuatnya sampai tingkat yang tidak mungkin lagi terbendung. Orang itu berada di hadapan kekuatan yang dahsyat seperti seorang perenang menghadapi mulut ikan hiu sendirian dengan tangan kosong. Orang seperti itu menjadi setengah manusia setengah binatang, raksasa keburukan, karena berada dalam cengkeraman kekuatan berjenis buruk yang terlampau kuat untuk dapat dilawan oleh kekuatan manusia biasa. Orang yang membangkitkan kundalini sebelum waktunya bisa saja memperoleh kekuatan gaib yang luar biasa, tapi kekuatannya itu menghubungkannya dengan evolusi dari tingkat rendah yang seharusnya dihindari oleh setiap manusia. Dan untuk membebaskan diri dari perbudakan itu dapat membutuhkan lebih dari satu inkarnasi.

Selain itu, pembangkitan kundalini sebelum waktunya akan mengintensifkan semua sifat manusia, mengaktifkan sifat jahat; lebih mudah daripada sifat mulia. Misalnya ambisi seseorang dalam badan mental yang sangat cepat terbangkitkan dan segera membengkak keluar badan. Kundalini dapat membuat daya intelek menjadi sangat intensif, tapi di waktu yang sama dapat menimbulkan kebanggaan abnormal bersifat kesetanan, yang tidak mungkin dapat diperkirakan.

Memang kurang bijaksana kalau seseorang mengira bahwa ia sanggup menghadapi kekuatan yang mungkin timbul dalam dirinya. Ini bukan energi biasa tapi energi yang tidak dapat dibendung. Yakinlah bahwa tidak seorang pun boleh membangkitkan kekuatan itu tanpa bimbingan seorang Guru Sejati. Jika kekuatan itu aktif tanpa disengaja, seharusnya ia minta nasehat kepada orang yang mengerti persoalan itu dengan segera. Sekali lagi, jangan mencoba-coba membangkintkan kekuatan yang dahsyat ini tanpa pengawasan Guru ahli yang akan mengawasi semua tahapannya. Kekuatan kundalini merupakan kenyataan yang hebat, salah satu kenyataan mendasar di alam semesta. Daya ini benar-benar tidak dapat dianggap sebagai permainan, karena mencobanya tanpa pengertian yang mendalam lebih berbahaya daripada seorang anak yang bermain-main dengan bahan peledak. Kitab Hatha Yoga Pradipika menyatakan, “Tenaga sakti ini memberikan kebebasan bagi para yogi dan memenjarakan orang bodoh”.

Dalam hal seperti itu, orang sering mengira bahwa bagi dirinya pasti ada perkecualian hukum alam, bahwa akan terjadi campur tangan Tuhan yang akan menyelamatkan dirinya dari perbuatan main-main itu. Yakinlah bahwa hal seperti itu tidak mungkin terjadi, seperti seorang yang secara ceroboh menyulut bahan peledak, sangat mungkin untuk menjadi korban yang pertama. Hal seperti ini berlaku bagi setiap kasus tanpa kecuali, karena dalam kerja Hukum Agung Alam Semesta tidak ada yang disebut dengan pilih kasih. Ingatlah pepatah yang sering diucapkan, “Hukum pertama dari praktek yoga adalah menjadi murid seorang Guru sejati”.

Banyak orang merasa yakin bahwa dia sudah siap memperoleh pelajaran yang tinggi (higher teachings) tanpa bekerja keras terlebih dahulu dengan sabar melalui pembentukan watak. Perbaikan karakter harus ditempuh terlebih dahulu, kemudian Guru akan memberitahu kapan dia siap melakukan pembangkitan kundalini yang dahsyat ini.

Kadang-kadang dapat terjadi pembangkitan lapisan api dari kundalini secara spontan sehingga terasa sedikit hangat, bahkan dapat bergerak dengan sendirinya. Bila ini terjadi dapat mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa, karena salurannya belum siap untuk maksud ini, sehingga api ini harus membakar banyak sampah eterik yang menghalangi proses perjalanannya. Bila kundalini bangkit dengan sendirinya atau bangkit tanpa disengaja, biasanya dia mengalir ke atas mengikuti arah yang sudah diambil oleh penjelmaan terendah dan terhalus. Bila mungkin, seharusnya kita menggunakan daya kemauan kita untuk menahan gerakannya. Dan bila tidak berhasil, kita tidak perlu menjadi cemas.

Api ular mungkin akan memancar keluar melalui kepala dan terlepas ke dalam atmosfir di sekelilingnya dan biasanya hal ini tidak mengakibatkan kerugian apa-apa kecuali adanya sedikit rasa lemah di tubuh. Orang mungkin hanya akan kehilangan kesadaran untuk sementara saja. Bahaya yang benar-benar mengerikan bukannya berhubungan dengan mengalirnya api kundalini ke atas, tetapi oleh adanya kemungkinan mengalirnya api kundalini ke bawah dan ke dalam.

Banyak orang berkata bahwa penguasaan yang sempurna atas yoga tidak bisa dicapai dalam satu kehidupan. Karena itu penguasaan kundalini harus diulang pada setiap inkarnasi, karena alat-alat itu diganti pada setiap inkarnasi. Tetapi sekali seseorang berhasil menguasainya maka akan lebih mudah dalam melakukan pengulangan itu. Jika seseorang telah menjadi murid dari seorang Guru Sejati dan belum mencapai kesempurnaan dalam hidup ini, maka sang Guru akan menuntun dan mengarahkan jiwa si murid sehingga pada kelahiran berikutnya dia berada pada kondisi yang memungkinkannya menyempurnakan kemajuan rohaninya. Inilah tanggung jawab berat seorang Guru Sejati yang dengan penuh ketulusan yang tanpa pamrih, dan tanpa pengingkaran, dia tidak akan berhenti membimbing siswanya sebelum dia mencapai tujuan tertinggi.

Bila sudah kundalini terbangkitkan, dia haruslah dikuasai benar-benar, dan harus digerakkan melewati pusat-pusat dengan urutan tertentu sesuai dengan perbedaan jenis orangnya. Gerakan ini juga harus dilakukan dengan cara yang khusus supaya memperoleh hasil yang memuaskan.

Jika kundalini dibangkitkan dengan benar di bawah petunjuk Guru Sejati yang berwenang, maka kebangkitan kundalini itu akan memberi berkah dengan semua pencapaian kerohanian sejati. Kebangkitan itu memberi pencerahan dan kesadaran rohani yang agung, mengantarkannya menuju pencapaian samadhi yang tertinggi (nirvikalpa samadhi), dan sekaligus memberi penguasaan atas segala sakti.

Semoga setelah membaca artikel diatas, kita mulai mengerti bahwa membangkitkan kundalini tanpa bimbingan Guru Sejati memang tidak mudah dan mengandung risiko. Untung kita punya Yoga Arhatik, cara yang mudah, bertahap dan aman membangkitkan kundalini.

—–62——-

Komentar

  • dedi hermanto  On September 19, 2010 at 8:11 pm

    bagus sich artikelnya,
    kalo boleh tau ada ga cara mengendalikan kundalini yang ga sengaja terbangkitkan, soalnya saya termasuk orang yang secara ga sengaja kundalininya bangkit, tolomg ya, kirim saya advice nya ke rancadaka@yahoo.co.id di tunggu sekali advice nya.

  • Dio  On November 21, 2010 at 12:20 am

    Lalu,dmn sy bs mendapatkan guru tsb?

    • Prana Indonesia  On November 26, 2010 at 2:51 pm

      Banyak perguruan yang mengajarkan tentang pembangkitan kundalini, kebanyakan bagus. Di Prana kami belajar cara membangkitkan kundalini secara bertahap dan aman dari Guru kami. Yang perlu diperhatikan adalah: jangan mencampur adukkan teknik2 dari berbagai perguruan, pilih salah satu saja, biar aman.

    • Prana Indonesia  On November 26, 2010 at 2:53 pm

      Anda bisa mendapatkan Guru tersebut antara lain di komunitas Prana.

      • khonx  On Juli 21, 2012 at 11:57 am

        dimana saya bisa belajar kundalini? kalo boleh bisa saya minta no telp yg bisa saya hub utk konsultasi dulu karena saya msh bingung apa kundalini ini spt ilmu yg mesti bertapa ke tempat2 angker?

  • Dio  On November 29, 2010 at 12:11 pm

    Adakah no kontak yg bs sy hubungi??
    Mohon dkirimkan lwt email saya di Id.t4uru5_xboyz@ymail.com.
    Trmakasih sblmnya,,

  • wirasa  On Januari 8, 2011 at 8:58 am

    Kundalini Sakti

    Kudalini merupakan kekuatan yang amat hebat yang berada dalam tubuh manusia. ia sering disebut sebagai Dewi Ular karena bentuknya yang bergulung saat tidur dan kenaikanya yang tidak secara lurus. secara waskita Kundalini terlihat sebagai cadangan energi yang amat dahsyat yang berada di perineum dalam bentuk gulungan tiga setengah lingkaran, gulungan gulungan ini diyakini sebagai cadangan spiritual yang akan menuntun manusia mencapai pencerahan.Kundalini merupakan energi murni atau kesadaran murni yang akan menuntun manusia mendapatkan pencerahan tersebut. Kundalini berasal dari bahasa samsekerta dari akar kata ” Kundal ” yang berarti Coil atau gulungan , ketika bangkit Kundalini akan melakukan pembersihan secara menyeluruh terhadap tubuh pisik dan juga tubuh eterik yaitu nadi-nadi dan cakra-cakra. proses pembersihan ini dapat berlangsung lama namun ada juga yang berlangsung sangat cepat, hal itu tergantung dari tingkat kesehatan dan kesucian seseorang.semakin sehat dan suci orang tersebut, maka semakin cepatlah proses pembersihan yang dilakukan Kundalini dalam menuju Cakra Sahasra . dalam proses pembersihan ini, kundalini akan mencari jalan untuk mencapai Cakra Sahasra yang dikenal dengan istilah bersatunya Shakti dengan Siwa yang menghasilkan keadaan semadhi. dalam meliwati cakra -cakra utama inilah maka akan terjadi pembersihan secara menyeluruh terhadap cakra-cakra tersebut . sehingga segala potensi cakra cakra dapat dipergunakan. Cakra Muladara sangat penting dibersihkan , dibuka dan diaktifkan karena didalamnya bersembunyi kekuatan api suci yang dinamakan Kundalini, berbentuk seperti Ular Api yang melingkari lingga gaib dalam cakra Muladara dalam 3 1/2 lingkaran ( Pustaka Paiketan Paguron Suling Dewata ) . secara waskita Kundalini terlihat sebagai cadangan energi yang amat dahsyat ayng berada di perinium dalam bentuk gulungan 3 1/2 lingkaran. gulungan gulungan ini diyakini sebagai cadangan energi spiritual yang akan menuntun manusia mencapai pencerahan. ( di sadur dari Buku Pra Kundalini , Ki Nantra )

    Mampaat mempelajari Kundalini :

    orang yang dapat menguasai kundalini secara sempurna akan memperoleh kekuatan batin , kekuatan kekuatan bathin ini kadang sering tidak bisa dipercaya dan sulit untuk diterima dengan akal sehat. ia memiliki mata bathin , telinga bathin, dan dapat mengirim dan menerima pikiran ke dan dari orang lain, dapat membaca pikiran mahluk lain ( Prapti ) . ia dapat menaklukan napsu dan perasaan serta dapat mengontrol semua elemen alam ( Vasitwam ) dan ia juga memiliki kemampuan yang lainnya

    Efek samping mempelajari Kundalini.

    Kundalini adalah sebuah kekuatan yang maha besar dan sangat dahsyat. jadi jangan pernah bermain main dengan kekuatan ini, dengan hanya melalui bimbingan dari seorang guru sejati anda boleh mempelajarinya. adalah sangat tidak bijaksana berpikiran bahwa anda adalah perkecualian untuk bahaya tersebut hanya karena mengira diri kita sudah siap. ketika Kundalini bangkin akan mulai melakukan pembersihan baik itu Cakra, Nadhis, otot, tulang, organ dalam tubuh dan lain sebagainya. kebangkitan Kundalini sebelum waktunya dapat memberikan bahaya yang sangat besar terhadap tubuh fisik maupun lapisan tubuh halus, yang dikenall dengan istilah sindrom Kundalini. sindrom dalam pengertian kamus adalah gejala yang menandakan suatu penyakit , kekacauan psikologis, atau kondisi tidak normal lainnya. sindrom dapat juga diartikan efek negatif yang ditimbulkan dari suatu kegiatan. berikut adalah efek yang ditimbulkan oleh kebangkitan Kundalini sebelum waktunya : 1) Energi Kundalini. kundalini yang seharusnya mengalir ke atas berbalik mengalir ke bawah sehingga merangsang bekerjanya nafsu nafsu rendah. orang tersebut dapat menjadi menawa denawa ( manusia setengah raksasa / jahat , manusia setengah binatang, yang akan membuatnya tergelincir ke lembah kenistaan dan diperlukan sekian kali reinkarnasi untuk dapat membebaskan diri dari keterikatan akan kesengsaraan ini .2) Bahkan dalam kondisi tertentu , seseorang akan nampak seperti orang gila. ia akan berteriak teriak merasakan sesuatu yang tidak wajar yang terjadi dalam dirinya seperti kepanasan, menggigil, dan lain sebagainya. 3) yang paling menakutkan adalah ia menjadi gila . hal yang mungkin saja terjadi dimana dia tidak siap dengan pembersihan yang dilakukan oleh Kundalini sehingga saat ia mulai mengenal dunia gaib, dan segala keanehannya ia menjadi ketakutan dan hidupnya benar benar tidak nyaman.

    Persiapan Persiapan Pembangkitan Kundalini

    agar terhindar dari masalah masalah yang ditimbulkan akibat dari pembangkitan Kundalini sebelum waktunya, maka perlu dilakukan persiapan persiapan yang sekiranya dapat mengurangi bahkan meniadakan apa yang disebut sindrom Kundalini. 1) Persiapan Fisik, untuk pesiapan fisik dapat dengan melakukan olah raga secara teratur, melakukan yoga asanas, atau melakukan yogacara seperti Surya Namaskara, Chandra Namaskara. tradisi pertapaan Candra Parwata memiliki banyak bentuk yogacara untuk menguatkan tubuh fisik. salah satu diantaranya adalah Tapak Suci Yoga Cara Bumi Sastra. kegiatan olah fisik ini akan mengeluarkan energi energi negatif dan menggantinya dengan energi energi yang positif. inti dari kegiatan fisik ini adalah berusaha menggerakan seluruh anggota badan secara seimbang. 2 ) Persiapan Mental, diperlukan pengetahuan yang memadai agar kita memiliki kesiapan mental dan emosional dalam menghadapi energi pembersihan ini .hal ini dapat dilakukan dengan banyak membaca buku buku Kundalii dan buku buku yang terkait dengannya, berkomunikasi dengan teman teman yang pernah mengalami kebangkitan Kundalini, mohon bimbingan dari guru sejati. dengan pemahaman yang memadai tentang Kundalini, diharapkan secara mental dan emosional kita siap. 3) Persiapan Spriritual, Persiapan spiritual adalah sesuatu yang amat sangat penting. hal ini dapat dilakukan dengan banyak cara. dan beberapa cara tersebut adalah sebagai berikut : 1) Berdoa secara teratur, mohonlah tuntunan dan penerangan dari tuhan yang Maha Esa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing . Pancaran kesucian dari Beliau akan membersihkan seluruh lapisan tubuh kita sehingga proses kebangkitan kundalini dapat berjalan dengan baik. . 2) Tirtayatra, tirtayatra merupakan perjalan suci dengan cara mengunjungi tempat tepat suci untuk menyerap prana kahyangan yang dapat membersihkan seluruh lapisan tubuh kita serta memberikan keuatan lahir dan bathin 3) Mandi dengan air garam , mandi dengan air kembang, mandi di sumber mata air. 4) Membersihkan Nadhis, 5 ) Membersihkan Cakra, 6 ) Makanan, sebenarnya kita semua diharapkan untuk mulai menjalani pola hidup Vegetarian, apalagi yang ingin menekuni dunia spiritual . makanan vegetarian dapat mengembangkan rasa cinta kasih terhadap semua mahluk ciptaan Tuhan yang otomatis akan berpengaruh pada bersihnya lapisan lapisan tubuh kita.

    Cara membangkitkan Kundalini

    ada banyak cara untuk membangkitkan Kundalini . namun secara garis besarnya ,metode pembangkitan ini dapat dibedakan menjadi 3 ( tiga ) macam cara , yaitu :

    1. Samadhi Swara Sadhana Om tujuh Tahapan, samadhi pembangkitan kundalini ini dilakukan dengan menggetarkan suara Om di masing masing Cakra. Teknik ini bagus sekali bagi mereka yang kesulitan dalam menghapalkan mantra mantra yang panjang.

    2. Samadhi Swara Gayatri Sadhana , Samadhi pembangkitan kundalini ini dilakukan dengan menggetarkan suara Gayatri di masing masing Cakra , adapun rinciannya sebagai berikut : a. Cakra Muladara : Om Bhur , b. Cakra Swadisthana : Om Bhuwah, c. Cakra Manipura : Om Swah , d. Cakra Anahata : Om Mahah, e. Cakra Visudha : Om Janah, f. Cakra Ajna : Om Tapah , g. Cakra Sahasra : Om Satyam.

    3. Samadhi Raga Kundala, Samadhi Raga Kundala merupakan meditasi khusus yang dapat dipergunakan untuk membantu membangkitkan kundalini seseorang. Teknik ini oleh masyarakat umum dikenal dengan nama Saktifat yang berarti pemindahan energi dari seseorang Guru kepada Muridnya. Kami menyebut teknik ini dengan istilah Berkah Guru. Metode ini tidak mengenal apa yang disebut sindrom kundalini. Hali ini dapat dimengerti karena dilakukan dengan penuh kesadaran dan persiapan yang matang baik oleh Guru maupun muridnya.

    Tahapan Tahapan membangkitkan Kundalini

    ada beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk dapat membangkitkan Kundalini m yang antara lain :

    1. Menyucikan diri, diperlukan proses penyucian diri lahir dan bathin secara terus menerus. hal ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara seperti pengelukatan , mengulang ulang ” Nawa Sanga Astawa ” yang merupakan mantram gaib yang sangat rahasia. dalam proses ini penyucian ini , seseorang akan mendapat anugrah kesucian dari sinar suci para Dewa yang dipujanya.

    2. Keyakinan diri, telah melewati proses penyucian diri lahir dan bathin secara terus menerus maka pada diri orang tersebut akan muncul rasa percaya diri yang semakin lama semakin mantap.

    3. Mengenal diri sendiri, mengenal jati diri atau mengenal diri sendiri mengandung pengertian bahwa seseorang mengetahui apa saja tentang dirinya termasuk letak Cakra Cakra yang ada pada dirinya. Pelajaran ” Swara Sadanam Sapta Cakra “atau Samadhi getaran Suara Sapta Cakra yang terdapat dalam Tapak Suci Nawa Sanga merupakan pelajaran terbaik dan tepat dalam tahap ini.

    4. Selalu dekat dengan Tuhan, Tahapan selanjutnya adalah terus menerus dan setiap saat merasa dekat dengan Brahman serta berserah diri sepenuhnya pada keagungan Beliau . melalui cara ini dengan sendirinya tiada lagi rintangan yang menjauhkan dirinya dari Sang Pencipta. Pada Tahapan ini harus membiasakan diri mengucapkan ….Om….delapan belas kali sebelum tidur dan ketika bangun tidur. juga mengucapkan …Om….setiap kali akan melakukan sesuatu. inilah yang dinamakan ” Om Awal dan Akhir Kehidupan Dalam Sehari .

    5. Mambangkitkan Kundalini , setelah melalui empat tahapan diatas maka tahapan berikutnya adalah membangkitkan Kundalini dengan ” Samadhi Swara Sadhanam Pembangkitan Kundalini ” , secara terus menerus . usaha pembangkitan Kundalini tidak bisa dilakukan dalam satu atau dua kali tetapi puluhan , ratusan bahkan ribuan kali agar mencapai tahap kesempurnaan.

    Berlatih Membangkitakan Kundalini Cara Pertama ,

    berikut akan kami uraikan tentang semadhi pembangkitan Kundalini yang dinamakan Swara Sadhana Om Tujuh Tahapan atau Meditasi Swara Sadhana Om Danam .

    inilah cara pertama Samadhi Pembangkitan Kundalini , cara ini dianjurkan bagi mereka yang mengalami kesulitan merapalkan . Samadhi Pembangkitan Kundalini ini dinamakan ” Swara Sadhana Om Tujuh Tahapan “. mulailah dengan duduk bersila, kaki kanan diatas kaki kiri ” Ardha Padma Sana ” kedua tangan mekar , tapak diatas , tersusun didepan pusar dengan tapak tangan kanan lebih diatas. lemaskan seluruh anggota badan, pikiran terpusat hanya pada cakra cakra.

    Tanda Kebangkitan Kundalini

    ada banyak gejala sebagai tanda kebangkitan Kundalini. gejala ini pada setiap orang belum tentu sama. berikut beberapa tanda kebangkitan Kundalini yaitu : 1) Merasakan sensasi hangat, 2 ) memiliki kemampuan supranatural , 3) merasakan menyatu dengan alam dan merasakan kebahagiaan yang besar, 4) mendapatkan pengetahuan tanpa melalui proses berguru, 5 ) merasakan kesehatan tubuhnya semakin membaik dan selalu energik penuh energi. ( di sadur dari buku Pra Kundalini , Ki Natra, Halaman 123-136 )

  • Made  On Februari 2, 2011 at 12:47 am

    Om Swastyastu
    artikelnya menarik jadi pengen nanya…
    menurut saya..pembangkitan kundalini bukanlah proses yang mudah, dibutuhkan waktu yang lama untuk membangkitakan energi yang maha dahsyat ini, kemudian di artikel anda memperingkatkan para yogi agar tidak mempelajari meditasi ini. lha..?? ketika seseorang berhasil membangkitkan energi kundalini…bukankah saat itu juga mereka siap menerimanya??, lalu, apakah energi maha dahsyat ini bisa diturunkan tanpa pondasi/dasar meditasi yang baik?. sebenarnya beribu pertanyaan muncul dalam benak saya..dan ingin sekali saya bertanya, namun kurang “sreg” buat saya, bertanya di forum di dunia maya… mungkin berkenan bagi bapak untuk memberikan info ke saya, ketika bapak memberikan seminar atau semacamnya.. saya ingin sekali datang, atau jika diperbolehkan saya ingin bertanya secara pribadi biar puas pertanyaan2 yang menempel di benak saya… hehehe
    makasih
    Om Shanti Shanti Shanti Om
    Artanam_suryadi@yahoo.co.id

    • Prana Indonesia  On Februari 2, 2011 at 9:56 pm

      Terimakasih tanggapannya.
      Anda kurang jeli membaca artikel ini. Pembangkitan Kundalini sebaiknya dilakukan dengan bimbingan Guru sejati, bukannya tidak boleh. Silahkan baca bukunya, kebetulan penulisnya juga berasal dari Bali.
      Terimakasih.

  • kdk agus  On Maret 31, 2011 at 8:26 pm

    om….,saya pernah brguru u/membangkitkn kundalini, krn suatu hal sy brhenti, stelah beberapa bulan belajar, dgn ritual mlukat dll, memang ada fenomena yg saya almi, spt di ubun2 saya ada yg brgerak brputar putar, apakah itu yg disebut kundalini, hal itu memang tdk mengganggu sy scara lahir dan batin, mohon sarannya apa yg harus sy lakukn, suksma, om…..

    • Prana Indonesia  On April 1, 2011 at 11:03 pm

      Metoda Pembangkitan Kundalini ada bermacam-macam, saya sarankan Anda tidak mencampur-campur metodanya, karena ini berbahaya, bisa terkena sindroma kundalini.
      Di Prana, kami belajar pembangkitan kundalini secara bertahap, namun aman… Ini diajarjan pada Lokakarya Arhatik Yoga… Yang punya beberapa jenjang…

    • Prana Indonesia  On April 1, 2011 at 11:29 pm

      Untuk Mengetahui lebih rinci apa itu Penyembuhan Prana, silahkan buka:

      http://pranaindonesia.wordpress.com/2008/06/08/prana-indonesia-online-2/

  • Wyn budiarte  On Oktober 19, 2011 at 11:20 am

    Osa Adakah mantra untuk membuka mata ketiga atau kundalini???
    Sukseme

  • I GST BGS NGR WIRAUTAMA  On Oktober 26, 2011 at 10:31 pm

    OSA saya pria berumur 26th sdah kerja tapi belum menikah,, saya mempunyai beberapa teman yng mengikuti kegiatan semacam ini (pembangkitan kundalini) dengan seorang guru,, teman2 saya ini sudah menikah semua,, yang mau saya tanyakan : 1. apakah orng yang belum menikah sudah diperbolehkan utk mengikuti kegiatan pembangkitan kundalini???? 2. apakah orng yng mengikuti kegiatan ini tidak diperkenankan untuk mengkonsumsi daging alias vegetarian

  • KT. SANTA.  On November 20, 2011 at 2:49 pm

    OM Swastyastu… Akhir-akhir ini saya aktip membaca GAYATRI MANTRAM. Saya merasa ada kelainan dalam tubuh. saya merasa ada hawa dingin naik turun tembus ke atas kepala dan di antara alis terasa berdenyut. saya ingin bertanya apakah ini namanya kundali. kemudian apa yang harus saya lakukan .

  • Catur R.A  On Desember 31, 2011 at 12:32 am

    Cra membangkitkan kundalini cranya gmna y?…
    Trmksh.

    • Prana Indonesia  On Januari 2, 2012 at 6:03 pm

      Mesti belajar dari dasar…

  • Abdulah  On Januari 24, 2012 at 5:54 pm

    Pengalaman sya untuk membngkitkan dn mengaktifkan kundalini, membthkan waktu slama 3 bulan, dgn catatan, setiap hari harus semedi seperti cara yg telah sya babar.. Setelah kundalini sya aktif, setiap mlm sya keluar dari raga kasar untuk mengontrol murid2 yg menjalankan semedi… Warna aura bagi yg melakukan semedi seperti cara saya, akan brbeda dgn mereka yg mggunakan metoda semedi lain.. Warna aura mereka merah seperti api, namun jika murid2 sya, warna aurany slama semedi adlh biru keputih2 an.. Bagi yg mw dibuka / knsultasi dari jarak jauh hub. 083890820915
    Ini line khusus wanita.. Jika untuk laki2, harap hub. 083896269604

  • aan  On Februari 7, 2012 at 11:46 am

    saya pernah mendengar ajaran Q-Rak yang membangkitkan kudalini secara instan, bagai mana pendapat anda tentang hal ini?

  • satriawan  On April 5, 2012 at 9:42 pm

    Pak saya ♏äƱ tanya,kalau kita terkadang sudah tau apa Чαπƍ akan terjadi beberapa menit atau beberapa detik Чαπƍ akan datang apakah itu ada hubungannya dengan bangkitnya kundalini?? Sukma

  • ahmad sukma  On April 14, 2012 at 9:06 pm

    om saya mau nanya dmnkah saya harus belajar terima kasih om sebelumnya

    • Prana Indonesia  On April 17, 2012 at 6:47 am

      Kursus tentang Kundalini adalah kursus prana tingkat yang ke lima, kita harus belajar secara berjenjang…

  • Leopratama  On April 18, 2012 at 9:02 pm

    Teriamaksih untuk artikelnya.
    Apa memungkinkan belajar memabngkitkan kundalini secara online, atau mesti bertemu langsung dengan guru, mas?
    Terimakasih.

    • Prana Indonesia  On April 19, 2012 at 10:23 am

      Belajar Kundalini di Prana harus dilakukan secara berjenjang. Kita mempelajari Kundalini pada tingkat yang ke5.

      • Leopratama  On April 19, 2012 at 2:00 pm

        Bisa mulai dari awal secara jarak jauh, mas?
        Mohon bimbingan ya.

        Hm, sy spiritualis.
        Apa perkembangan spiritual memerlukan support dari pengetahuan akan ckara dan kundalini?
        Selama ini sy belajar dari alam.

  • yopie  On Mei 19, 2012 at 10:54 pm

    kalau udh bangkit bisa liat yang seram2 gak ?
    n ada dampak buruk gak bagi keluarga ?
    saya mohon penjelasan karena ada yang menawarkan pembukaan kundalani secara gratis dan jarak jauh tapi harus dengan nama asli dan nama orang tua.
    mohon penjelasannya maha guru

    • Prana Indonesia  On Mei 20, 2012 at 9:12 am

      Menurut yang kami pelajari, gambaran mengenai pembangkitan kundalini (api suci) tidak seperti itu. Agar aman, pembangkitannya harus dilakukan secara bertahap seiring dengan peningkatan spiritualitas atau kerohanian, serta dengan memurnikan diri.

  • Derby Andrian  On Juli 7, 2012 at 9:42 am

    Kalau boleh tau komunitas prana tempatnya dmn mas?
    terimakasih sebelumnya

  • mangatur simaremare  On Oktober 30, 2012 at 1:13 am

    Saya mau tanya dan saya ada rencana untuk belajar kundalini dimana saya dapat belajar dengan guru yang mempunyai ilmu tinggkat tinggi.
    Terimah kasih dan mohon di berikan penjelasnya.

    • Prana Indonesia  On Januari 10, 2013 at 5:34 pm

      Dalam jenjang penyembuhan Prana, kita mempelajari kundalini pada tingkat yang ke 7. Kita harus mulai dari awal dulu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 151 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: