Pisang dan Manfaatnya

Karena kandungan potasiumnya yang mengesankan, pisang sangat direkomendasikan oleh para dokter untuk pasien yang kadar potasiumnya rendah. Sebuah pisang besar kira-kira seukuran 22 sentimeter, mengandung 602 mg potassium dan hanya mengandung 140 kalori. Pisang dengan ukuran yang sama bahkan mempunyai 2 gram protein dan 4 gram serat. Tidak mengherankan kalau pisang dianggap sebagai makanan yang penting untuk meningkatkan kesehatan anak-anak yang kurang gizi.

Pisang juga mengandung vitamin dan mineral yang berlimpah, pisang ukuran besar menyediakan 123 U.I. vitamin A. Kandungan multi vitamin B-nya sangat lengkap, dengan .07 mg thiamin, .15 riboflafin, .82 mg niacin, .88mg vitamin B6, dan 29 mcg asam folat. Bahkan di dalamnya terkandung13.8 mg vitamin C. Dalam skala mineral terdapat 9.2 mg magnesium 44.1 mg, ditemukan juga sejumlah zat besi dan seng.

Terkumpulnya semua jenis nutrisi di atas menunjukkan dengan jelas bahwa pisang merupakan salah satu buah yang paling menyehatkan. Pisang raja, ketika dimasak, mengandung tingkat nutrisi yang sedikit lebih tinggi  pada skala vitamin dan mineralnya tapi sama kandungan protein dan seratnya dibanding pisang biasa.

Manfaatnya untuk Pengobatan

Anemia: Tingginya kandungan zat besi pada pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah sehingga dengan demikian dapat membantu kasus anemia.

Tekanan Darah: Buah tropis yang unik ini sangat tinggi kandungan potasiumnya, namun rendah kandungan garamnya, ini membuatnya menjadi makanan yang sempurna untuk melawan tekanan darah. Namun walau demikian, Food and Drug Administration (FDA) Amerika baru saja mengizinkan industri pisang untuk secara resmi menyatakan bahwa buah ini punya kemampuan untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke.

Meningkatkan daya Otak: Tahun ini 200 orang murid sekolah di Inggris tertolong dalam ujian mereka dengan mengkonsumsi pisang di saat sarapan, istirahat dan makan siang untuk meningkatkan kekuatan otak mereka. Riset menunjukkan bahwa buah yang banyak mengandung potasium ini dapat membantu para murid semakin terjaga.

Sembelit: Karena kandungan serat yang tinggi, memasukkan pisang dalam daftar diet dapat membantu memperbaiki dan menormalkan buang air besar, membantu mengatasi masalah itu tanpa perlu menggunakan obat pencahar.

Depresi: Menurut survey yang baru-baru ini dilakukan oleh MIND pada orang-orang yang menderita depresi, banyak diantara mereka yang merasa lebih baik setelah makan pisang. Itu karena pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang dikonversi tubuh menjadi serotonin – yang dapat membuat anda rileks, memperbaiki suasana hati dan secara umum membuat Anda merasa lebih bahagia.

Rasa Sakit Ketika Bangun Tidur: Salah satu cara tercepat untuk menyembuhkannya adalah dengan membuat milkshake pisang yang ditambah sedikit madu untuk membuatnya sedikit lebih manis. Pisang menenangkan lambung, dan dengan bantuan madu, memperbaiki kadar gula darah yang rendah, sedangkan susu menenangkan dan menambah cairan tubuh dalam sistim Anda.

Perut Terasa Panas: Pisang mengandung efek antacid alami dalam tubuh sehingga ketika perut Anda terasa panas, cobalah makan pisang untuk meredakannya.

Mengidam: Menjadikan pisang sebagai cemilan di antara makan akan membantu menjaga gula darah menaik dan menghindarkan Anda dari rasa mual.

Gigitan Nyamuk: Sebelum menggunakan krim anti gigitan nyamuk, cobalah menggosok bagian yang digigit menggunakan bagian dalam kulit pisang. Banyak orang yang merasa takjub atas khasiatnya mengurangi pembengkakan dan radang.

Syaraf: Pisang mengandung vitamin B yang sangat tinggi yang bisa menenangkan sistim syaraf.

Kegemukan akibat Suasana di Tempat Kerja: Studi yang dilakukan di Institute of Psychology di Australia mendapati bahwa ketegangan dan tekanan di tempat kerja menyebabkan nafsu makan makanan kesukaan seperti coklat atau cemilan. mengamati 5000 orang pasien di rumah sakit, para peneliti menadapati sebagian besar orang yang kegemukan ternyata juga bekerja di tempat yang penuh tekanan. Laporan itu menyimpulkan bahwa, untuk menghindari ketagihan makanan yang dipicu oleh rasa panik, kita perlu mengontrol tingkat kadar gula darah karena mengemil makanan dengan kadar karbohidrat tinggi (seperti pisang misalnya) setiap dua jam untuk menjaga tingkat gula darahnya tetap.

PMS (Sindroma Paska Haid): Lupakan sagala macam pil, makanlah pisang. Kandungan vitamin B6 mengatur kadar glukosa darah, yang bisa mempengaruhi suaana hati Anda.

Seasonal Affective Disorder (SAD) Atau Gangguan Afektif Musiman: Pisang dapat membantu penderita SAD karena pisang mengandung peningkat suasana hati alami, tripotophan.

Merokok: Pisang juga bias membantu orang yang bermaksud berhenti merokok, karena kandungan vitamin C, A1, B6, B12-nya yang tinggi, demikian juga potasium dan magnesium yang terdapat di dalamnya, membantu tubuh memulihkan diri dari pengaruh penarikan diri dari nikotin.

Stress: Potasium adalah mineral yang sangat vital yang menormalkan detak jantung, mengirimkan oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita mengalami stress, tingkat metabolisme kita meningkat, oleh karena itu mengurangi tingkat potasium kita. Ini semua dapat diseimbangkan kembali dengan bantuan makan pisang yang mengandung banyak sekali potassium itu.

Stroke: Berdasarkan riset dalam “The New England Journal of Medicine” makan pisang sebagai bagian dari diet regular dapat dapat mengurangi risiko kematian akibat serangan stroke sebanyak 40%.

Mengontrol suhu tubuh: Banyak budaya yang menganggap pisang sebagai buah yang “mendinginkan” yang dapat menurunkan suhu fisik maupun suhu emosi wanita yang sedang mengandung. Sebagai contoh, di Thailand, wanita mengandung banyak makan pisang untuk memastikan agar bayinya akan dilahirkan dalam suhu yang sejuk.

Maag: Pisang digunakan sebagai makanan diet untuk melawan penyakit usus karena teksturnya yang lembut dan lunak. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa kesulitan dalam kasus tukak lambung kronis. Pisang juga menetralkan kebihan asam dan mengurangi iritasi dengan cara melapisi permukaan lambung.

Kutil: Mereka yang sangat menyukai pilihan yang alami akan meyakinkan Anda bahwa bila Anda ingin mematikan kutil, ambillah sepotong kulit pisang kemudian letakkanlah di atas kutil, dengan sisi yang berwarna kuning di luar. Dengan hati-hati pastikan bahwa kulit pisang itu berada ditempat yang seharusnya dengan menggunakan plester.

♦♦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 151 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: