Akibat Pemanasan Global

Sejak kira-kira tigapuluh tahun yang lalu, para ilmuwan sudah memberi peringatan pada dunia berkenaan dengan akibat buruk yang ditimbulkan oleh Global Warming atau Pemanasan Global, yang merupakan ancaman paling serius bagi umat manusia setelah perang dingin.

  • Akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh Pemanasan Global, glacier di enam benua mulai mencair, lautan es di Kutub Utara dan Kutub Selatan, demikian juga lapisan es di Greenland, juga gletser di puncak-puncak gunung mulai mencair, ini mengakibatkan naiknya permukaan laut, badai yang menghancurkan muncul silih berganti, banjir dan longsor semakin sering terjadi, kekeringan yang melanda pertanian bermunculan di mana-mana, menyebabkan persediaan makanan dan air minum di dunia semakin menipis.
  • Penyakit tropis menyebar, malaria, demam dengue, demam kuning menyebar ke daerah yang sebelumnya tidak pernah dijangkiti, dan bukan hanya itu, penyakit ini diketahui menjadi semakin ganas. Belum lagi meningkatnya jumlah manusia yang terserang penyakit seperti kanker kulit, kolera dan sebagainya yang belakangan ini semakin mewabah, dan mencakup daerah yang semakin luas.
  • Pemanasan laut menyebabkan rusaknya karang dan matinya kehidupan di situ. Diperkirakan dalam waktu 50 tahun ke depan, seluruh karang laut di dunia ini akan musnah akibat pemanasan laut dan polusi akibat kegiatan manusia.
  • Kerugian lain yang segera akan terjadi adalah semakin berkurangnya keaneka-ragaman hayati dan punahnya beberapa spesies satwa karena perubahan musim, siklus kehidupan, waktu migrasi, berkurangnya daerah jelajah serta berkurangnya persediaan makanan mereka.

Sampai tahun 1950, gletser di sebuah daerah di Alaska masih nampak utuh, belum terpengaruh oleh Pemanasan Global (gambar kiri), namun pada tahun 2002 gletser sudah hampir hilang dari kawasan itu. Dalam gambar ini terlihat salju yang dulunya menyelimuti gunung juga sudah menipis (gambar kanan).

Harus segera dicari jalan untuk mengatasinya

Hal di atas adalah sedikit dari akibat buruk yang disodorkan ke hadapan kita, dan yang harus segera dicarikan jalan keluar guna mengatasinya. Sudahkah kita melakukan sesuatu untuk mengatasi masalah besar ini? Apakah kita hanya berpangku tangan tanpa upaya apapun untuk menanggulanginya?

Saat ini Pemanasan Global sudah dianggap sebagai bahaya maha besar yang harus segera diatasi secara kolektif, di mana setiap negara dan setiap pemerintah harus bekerja sama dan segera mempromosikan kesadaran lingkungan kepada warga-negara mereka, bagaimana mereka memberikan kontribusi dalam upaya mengatasi situasi yang amat serius ini tanpa mementingkan diri sendiri.

Kerjasama itu lebih dimaksudkan untuk melakukan riset dan eksperimen atas pengaruh jangka panjang perubahan iklim. Bagaimana itu mempengaruhi hutan belantara kita maupun penampung air seperti danau, sungai, laut serta kehidupan masyarakat, satwa dan tumbuhan yang tergantung padanya.

Perlu dipropagandakan cara-cara mengatasinya

Menjelaskan masalah lingkungan seperti ini sangat penting dalam upaya menghambat pengaruh dan peningkatan Pemanasan Global. Kita perlu mempelopori pengurangan emisi karbon serta gas yang mengakibatkan efek rumah kaca, memberikan pendidikan pada masyarakat luas tentang masalah perubahan iklim serta cara praktis apa yang dapat dilakukan untuk segera mengatasinya.

Seharusnya setiap negara memetakan berapa banyak karbon dioksida (CO2) dan efek rumah kaca yang mereka timbulkan dan mereka tebarkan ke atmosfir dan dengan cara yang sama menentukan berapa besar mereka harus menghijaukan lingkungan melalui penghutanan kembali hutan yang gundul, pedesaan dan pedalaman dengan menanam pepohonan di daerah itu, menghentikan penggundulan hutan serta penebangan liar, guna menetralkan gas-gas berbahaya yang ditebarkan ke udara. Sekali gas ini berada di atmosfir, dia akan tetap di sana dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga akan menahan panas atmosfir bagian bawah dan memancarkan sebagian daripadanya kembali ke bumi, sehingga bumi menjadi semakin panas.

Karbon dioksida dan gas rumah kaca lain yang demikian besar jumlahnya di atmosfir akan mengakibatkan naiknya suhu permukaan bumi, sehingga menyebabkan kekeringan, perubahan iklim, mencairnya glasier di Kutub Utara, juga gletser di puncak-puncak gunung, naiknya permukaan laut, banjir, badai, gelombang laut yang sangat tinggi, dan itu tidak saja akan mengacaukan keseimbangan alami iklim di bumi, tetapi juga keseimbangan ekologi lingkungan, menyebabkan longsor, gempa, meletusnya gunung berapi, naiknya suhu air laut yang pada gilirannya akan mengurangi populasi satwa, tumbuh-tumbah dan sebagainya, bahkan beberapa di antaranya akan punah.

Apa yang dapat kita lakukan?

Lewat kesadaran lingkungan, setiap orang dapat memberikan kontribusi dengan cara sederhana mereka masing-masing dalam menanggulangi perubahan iklim. Kita harus mulainya dari diri kita sendiri, lingkungan kecil kita sendiri. Setiap hal kecil yang dapat kita lakukan di rumah, segera kita lakukan, seperti misalnya meminimalkan penggunaan peralatan atau mesin yang menghasilkan gas sebelum kita bisa benar-benar menyingkirkannya.

Untuk memaksa pemerintahnya agar lebih serius menangani Pemanasan Global ini, banyak orang di Amerika berkampanye agar orang memilih Presiden dan anggota DPR yang punya kepedulian terhadap penanggulangan Pemanasan Global, yang tidak peduli tidak perlu dipilih, sehingga masalah serius yang mempengaruhi keselamatan umat manusia dan masa depan dunia ini lebih diperhatikan secara serius.

Salah satu tanggung jawab vital mereka yang mewakili publik adalah melindungi anak-cucu kita serta generasi mendatang dari kerusakan lingkungan yang akibatnya nanti harus mereka tanggung.

Kalau saja kita bisa mendengar suara generasi mendatang, kita akan mendengar seruan mereka agar kita segera bertindak menanggulangi Pemanasan Global. Anak-cucu yang sekarang belum lahir itu akan menanggung beban berat akibat kelalaian kita.


Bersambung:

TIPS Memangkas Penggunaan Energi (Klik di sini…)

Komentar

  • Januar92  On Oktober 10, 2010 at 12:24 pm

    spertinya gmbarnya trbalik dehh, sharusnya yg kanan d pindah ke kiri… soalnya jika kita lihat dari salju yang ada di pegunungan, di tahun 2002 trlihat lbih banyak es d bandingkan dgn 1950… sharusnya sbaliknya…

  • salman farisi  On November 4, 2010 at 3:28 pm

    bagus ini dapat membuat orang orang menjadi sadar akan perbuatanya

  • farah  On November 8, 2010 at 1:19 pm

    saya ingin supaya pemnasan global di hentikan karena jika terus menerus di Es di kutub utara akan mencair dan mengakibatkan air laut lebih luas dari daratan maka pulau- pulau kecil pada peta akan terhapus

    Demikian komentar saya terima kasih

    salam farah
    SD eka wijaya cibinong bogor

  • bramantyo24  On November 28, 2010 at 3:29 pm

    tapi walaupun banyak salju, bisa dilihat keadaan udara di sekitarnya. tampak cerah bukan? Berarti itu tandanya udara di gambar sebelah kiri lebih dingin dibandng udara pada gambar kanan

  • Intan Puspitasari  On Maret 10, 2011 at 7:49 pm

    bagus saya suka ini,sangat ini menambah ilmu saya dan sangat membantu saya . sekarang saya tahu bahwa membuat rumah kaca itu adalah pemanasan global.
    Dan semoga saja orang” yang membuat rumah kaca atau gedung kaca pada sadar bahwa itu dapat merusak lapsan ozon

  • RATU  On Mei 23, 2011 at 8:45 pm

    I LIKE IT

  • Novi Beachloverzz  On Oktober 12, 2011 at 2:52 pm

    i like it
    itu bsa bwt smua orang sdar

  • Ezzy Bhotjhah Rezpector  On November 7, 2011 at 3:54 pm

    akbt yg sngt bhya,..

  • rully  On April 9, 2012 at 6:59 pm

    ayo kita saling mengingatkan bahaya pemanasan global, i will see to do something

  • felisitas_dandi  On April 17, 2012 at 8:50 pm

    betul tuh k’lo orang sadar apa semua yang dy lakukan pasti akan melakukan reboisasi^^!!!!!

  • deni  On Mei 19, 2012 at 12:33 pm

    kereenn

  • ikamerdeka  On Juli 2, 2012 at 4:09 pm

    postingan yang sangat bagus sangat mengerikan yah global warming itu. untuk itu kunjungi juga blog saya http://merdeka.blog.stisitelkom.ac.id/
    terimakasih ^^

  • kanaya  On September 9, 2012 at 9:07 pm

    thanks ya atas postingnya, membantu saya dalam mengerjakan tugas sekolah

  • thia  On Februari 5, 2013 at 10:26 pm

    menangis aku ketika melihat bumi kita tercinta sekarang, panas sangatlah panas dan dingin sangatlah dingin.. sedangkan orang-orang masih tetap membuat gedung mewah dengan kaca yang menyilaukan matahari.. bumi semakin marah.. manusia yang membuat ulah

Trackbacks

  • By 2010 in review « PRANA INDONESIA on Januari 23, 2011 at 12:03 am

    […] The busiest day of the year was January 20th with 732 views. The most popular post that day was Akibat Pemanasan Global. […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 160 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: